Nyeri Dada Sebelah Kiri? Kenali 5 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:51 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Nyeri Dada Sebelah Kiri? Kenali 5 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

ILUSTRASI. Nyeri dada sebelah kiri.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Jika Anda merasakan nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya perlu sedikit lebih waspada. Pasalnya, penyebab nyeri dada sebelah kiri dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. 

Namun, perlu Anda ketahui nyeri dada sebelah kiri tidak melulu soal serangan jantung tetapi juga bisa disebabkan oleh penyebab lain. Seperti panik, gangguan pencernaan, paru-paru juga bisa menjadi faktor penyebab nyeri dada. 

Jika Anda merasaka nyeri dada sebelah kiri yang cukup parah dan menjalar ke bagian tubuh lain, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan supaya rasa nyeri bisa cepat diatasi.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menambah Berat Badan, Coba Konsumsi Makanan Sehat Berikut

Melansir dari Healthline, berikut penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui: 

GERD

GERD juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Sebelum itu, GERD adalah penyakit asam lambung tang disebabkan oleh melemahnya katup yang terletak di antara lambung dan kerongkongan bagian bawah. 

Akibatnya, kondisi tersebut dapat menimbulkan iritasi di saluran makanan dan menimbulkan rasa panas. Serta hal tersebutlah yang bisa jadi menjadi penyebab rasa nyeri dada sebelah kiri. 

Miokarditis 

Penyebab nyeri dada sebelah kiri selanjutnya bisa jadi karena miokarditis. Tahukah Anda miorkarditis? Miokarditis merupakan kondisi otot jantung yang mengalami peradangan atau inflamasi. 

Jika kondisi tersebut masih ringan tidak perlu ada penanganan khusus. Namun, jika nyeri dada mulai menjalar dan menimbulkan gejala lain segeralah untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tersebut. 

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami yang Patut Anda Coba, Efektif dan Ampuh!

Pneumonia

Pneumonia merupalah salah satu penyebab yang bisa menimbulkan nyeri dada sebelah kiri. Pasalnya, pneumonia merupakan kondisi paru-paru yang sedang mengalami perandangan. 

Infeksi tersebut disebabkan karena bakteri. Nyeri dada sebelah kiri akan lebih terasa saat Anda menghiruo napas dalam-dalam. Jika mengalami gejala tersebut segeralah beristirahat atau pergi ke dokter.

Stres

Perlu Anda ketahui stres juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Pasalnya, stres yang tidak terkendali dapat memicu sesak napas hingga nyeri dada. 

Selain itu, saat stres pikiran cenderung tidak terkontrol sehingga pola hidup menjadi berantakan. Contohnya, dengan mengkonsumsi rokok yang berlebihan, alkohol berlebihan dan hal yang tidak sehat lainnya. 

Baca Juga: Mampu Meredakan Sakit Haid, Kenali 6 Manfaat Daun Binahong Lainnya

Panik 

Perlu diketahui bahwa penyeb nyeri dada sebelah kiri bisa dipengaruhi oleh serangan panik yang berlebihan. Panik yang muncul secara tiba-tiba bisa membuat detak jantung cepat yang mungkin memicu nyeri dada. 

Demikira penyebab nyeri dada sebelah kiri yang perlu Anda ketahui. Agar rasa nyeri cepat teratasi disarankan untuk segera pergi ke dokter dan menjaga pola hidup sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru