kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penderita Asam Lambung Jangan Coba Makan! Simak 5 Pantangan Ini


Rabu, 27 April 2022 / 14:17 WIB
Penderita Asam Lambung Jangan Coba Makan! Simak 5 Pantangan Ini
ILUSTRASI. Ilustrasi asam lambung naik.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Penderita asam lambung sangat penting menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya cara adalah dengan menghindari pantangan atau makanan-makanan tertentu yang dapat memicu asam lambung naik.

Oleh karena itu penderita asam lambung sangat disarankan mengkonsumsi makanan-makanan sehat sehingga kondisi asam lambung bisa kian membaik. 

Biasanya jika penderita asam lambung mengabaikan pantangan tersebut, gejala akan lebih cepat dirasakan. Contohnya, seperti tenggorokan langsung terasa panas, nyeri dada atau saluran pencernaan terasa terbakar. 

Baca Juga: Cek, Daftar Libur Lebaran 2022 dan Cuti Bersama serta Hari Libur Nasional 2022

Untuk itu penting mengetahui apa saja pantangan makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bagi Anda yang menderita asam lambung.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terkait cara pengobatan agar penyakit asam lambung yang Anda alami bisa sembuh, sehingga tubuh menjadi sehat kembali. 

Dilansir dari Healthline, ada beberapa pantang penderita asam lambung perlu Anda hindari dan ketahui. 

1. Makanan Pedas

Sepertinya makanan pedas adalah salah satu pantangan makanan yang sangat wajib dihindari penderita asam lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu asam lambung naik serta kandungan capsaicin bisa menimbulkan iritasi di saluran pencernaan. 

2. Alkohol 

Tidak hanya makanan, ada beberapa minuman yang menjadi pantangan penderita asam lambung. Salah satunya minuman beralkohol.

Sama halnya seperti makanan pedas, mengkonsumsi minuman alkohol terlalu banyak juga dapat memicu asam lambung naik. 

Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak Hitam, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

3. Gorengan 

Gorengan adalah salah satu makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Namun, perlu Anda ketahui gorengan juga merupakan salah satu pantangan bagi penderita asam lambung. 

Pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak yang tidak sehat dan dapat berpengaruh buruk terhadap pencernaan sekaligus asam lambung yang diderita. 

4. Kafein 

Beberapa jenis minuman atau makanan yang mengandung kafein tinggi sebaiknya dihindari jika Anda mengidap penyakit asam lambung. Salah satunya kopi, waspadalah jika Anda ingin tetap mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya. 

Baca Juga: Baik Untuk Kesehatan Wajah, Kenali 5 Manfaat Cuka Apel Ini

5. Obat Tertentu 

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, perhatikan apakah obat tersebut bisa berdampak buruk atau tidak kepada kesehatan Anda. Pasalnya, ada beberapa obat tertentu yang menjadi pantangan penderita asam lambung. Berkonsultasilah dengan dokter, jika Anda mengalami gejala asam lambung selepas mengkonsumsi obat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×