kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah beri obat & vitamin penyembuhan Covid-19 gratis, ini cara mendapatkannya


Kamis, 15 Juli 2021 / 14:15 WIB
Pemerintah beri obat & vitamin penyembuhan Covid-19 gratis, ini cara mendapatkannya
ILUSTRASI. Pemerintah beri obat & vitamin penyembuhan Covid-19 gratis, ini cara mendapatkannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mendapatkan paket obat dan vitamin gratis dari pemerintah untuk terapi penyembuhan Covid-19. Cara mendapatkan obat dan vitamin gratis ini penting diketahui bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah karena Covid-19.

Pemerintah akan mulai membagikan paket obat dan vitamin gratis untuk pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri, Kamis (15/7/2021). Ada tiga paket obat dan vitmain yang akan dibagikan, yakni untuk pasien Covid-19 yang tak bergejala atau OTG, dan yang bergejala.

"Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang akan kita berikan masing-masing untuk 7 hari," kata Presiden Joko Widodo dalam acara peluncuran paket obat gratis di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Isi paket obat dan vitamin Covid-19

Apa saja isi paket obat dan vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 tersebut? Ini rinciannya:

  1. Paket 1 berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan hasil PCR positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG.
  2. Paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif Covid-19 disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter, khususnya dokter puskesmas.
  3. Paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif Covid-19 disertai keluhan panas dan batuk kering. Paket 3 juga membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter.

Baca juga: Inilah Actemra, obat Covid-19 rekomendasi WHO, simak khasiatnya

Lantas, apa syarat untuk mendapatkan paket obat dan vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 tersebut. Bagaimana cara  mendapatkan paket obat dan vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 tersebut?

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, sesuai dengan prosedur, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri tercatat dalam dokumen puskesmas atau desa/kelurahan. Menurut Panglima, puskesmas maupun bidan desa akan melakukan triase yakni membagi pasien isolasi mandiri menjadi sejumlah kategori, antara lain tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan.

Sehingga, pembagian obat dan vitamin gratis untuk penyembuhan Covid-19 akan disesuaikan dengan data tersebut. "Untuk mendapatkan obat atau paket tersebut itu sudah terdata dengan baik oleh puskesmas atau bidan-bidan desa sehingga mereka berhak untuk mendapatkan paket obat tersebut," kata Hadi.

Simak cara mendapatkan paket obat dan vitamin Covid-19 gratis di halaman selanjutnya




TERBARU

[X]
×