Kesehatan Umum

Pegagan, obat herbal yang ampuh mengobati batuk

Minggu, 09 Agustus 2020 | 14:46 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Pegagan, obat herbal yang ampuh mengobati batuk

ILUSTRASI. ilustrasi. Pegagan sebagai obat batuk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang menderita batuk? Jangan buru-buru beli obat di apotek.  Anda bisa mengonsumsi obat herbal, tanaman pegagan yang ampuh mengobati batuk. 

Setiap orang pasti pernah terkena menderita batuk. Jangan heran, batuk memang penyakit yang bisa menyerang siapa saja. 

Mengutip dari Kompas.com, batuk merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak atau iritasi lainnya. 

Baca Juga: Daun sirih, obat herbal yang ampuh mengobati batuk

Batuk dipicu oleh beberapa hal seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, dan asam lambung naik. 

Umumnya seseorang yang menderita batuk akan merasa tidak nyaman saat malam hari. Sebab, batuk akan semakin menjadi-jadi. Alhasil, penderita tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Biasanya untuk meredakan batuk, para penderitanya mengonsumsi obat batuk resep dokter atau membelinya di apotek.  

Untuk Anda yang tidak ingin mengonsumsi obat batuk kimia, Anda bisa minum obat herbal. 

Cukup banyak tanaman herbal yang mempunyai khasiat mengobati batuk, pegagan salah satunya. Alih-alih membeli ramuan pegagan, Anda bisa membuat sendiri racikan pegagan untuk mengobati batuk.   

Manfaat pegagan untuk kesehatan  

Pegagan, tanaman rambat yang banyak ditemukan di kebun, ladang, atau pinggir jalan. Pegagan bukanlah tanaman liar biasa, melainkan tanaman istimewa. 

Sebab pegagan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Melansir dari situs Intisari.grid.id, pegagan kaya akan mineral seperti garam kalium, magnesium, kalsium, besi, glikosida triterpenokia, dan juga bersifat antiinfeksi, antitoxic. 

Kandungan zat-zat tersebut membuat pegagan dipercaya ampuh mengobati sejumlah penyakit seperti batuk, demam, amandel, mimisan, cacingan, darah tinggi, dan ambeien. 

Mengutip dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Kementerian Pertanian, pegagan ampuh meredakan stres dan kecemasan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahawa mengonsumsi ekstrak daun pegagan selama 60 hari secara rutin mampu menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. 

Pegagan ampuh mengobati batuk 

Pegagan dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh mengobati batuk. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi pegagan secara sembarangan untuk mengobati batuk. 

Sebab, ada cara khusus meracik dan mengonsumsi pegagan sebagai obat batuk. Berikut bahan dan cara meracik pegagan untuk mengobati batuk. 

Bahan

  • Pegagan 2 genggam 
  • Air secukupnya 

Anda cuci daun pegagan sampai bersih di bawah air mengalir. Kemdian, Anda tumbuk daun pegagan sampai halus dan berikan sedikit air. 

Setelah halus, Anda peras dan saring tumbukan pegagan tersebut. Anda minum 1/4 cangkir air pegagan satu kali sehari selama 14 hari. 

Bila batuk tidak juga mereda, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.  

Baca Juga: Ini obat herbal yang ampuh meredakan batuk berdahak dan batuk kering

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru