Patut waspada, 6 penyebab diabetes ini bisa Anda alami

Rabu, 18 Agustus 2021 | 13:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut waspada, 6 penyebab diabetes ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab diabetes.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab diabetes yang perlu Anda waspadai. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena beberapa faktor masih bisa Anda kontrol.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin kontrol ke dokter, diabetes masih bisa Anda atasi.

Melansir American Heart Association, ada beberapa faktor pemicu diabetes yang tidak bisa Anda hindari. Mulai dari riwayat kesehatan keluarga, ras, usia yang bertambah tua, hingga diabetes yang terjadi saat Anda hamil.

Jika Anda memiliki beberapa faktor tersebut, jangan ragu untuk terus memeriksakan diri ke dokter, ya.

Nah, supaya diabetes tak bertambah parah, cobalah untuk memerhatikan beberapa faktor ini. Dengan begitu, kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau lebih dari 130 mmHg bisa memperparah diabetes yang Anda alami.

Maka dari itu, cobalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya, menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh, mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Baca Juga: 5 Penyebab stroke yang patut diwaspadai, jangan anggap enteng

Berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas juga bisa jadi penyebab diabetes, lo. Cobalah untuk rajin olahraga supaya berat badan berkurang.

Selain itu, rajin olahraga juga efektif menurunkan resistensi insulin. Usahakan untuk rutin olahraga minimal 30 menit setiap hari.

Merokok

Merokok memberikan banyak dampak buruk untuk kesehatan, tak terkecuali memperparah diabetes yang Anda alami. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Alkohol

Penyebab diabetes berikutnya adalah kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan inflamasi di bagian pankreas. Saat hal itu terjadi, produksi insulin pun menjadi terganggu.

Tidak berhenti sampai di situ, konsumsi alkohol pun mengganggu kesehatan liver. Jumlah gula berlebih dalam tubuh yang tersimpan dalam bentuk lemak meningkat ketika kebiasaan itu tak segera Anda hentikan.

Baca Juga: Tak hanya hipertensi, waspadai 5 penyebab stroke ini

Jenis makanan tertentu

American Heart Association merekomendasikan Anda untuk membatasi konsumsi jenis makanan tertentu karena bisa memicu kemunculan diabetes.

Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, lemak trans, natrium, kolesterol, dan lain sebagainya.

Stres

Stres yang tak terkelola dengan baik bisa jadi penyabab diabetes.

Anda perlu mengelola stres dengan baik jika ingin memiliki tubuh sehat. Cobalah untuk melakukan banyak kegiatan relaksasi supaya diabetes tak bertambah parah. Selain itu, mengelola stres dengan baik juga bagus untuk kesehatan jantung.

Selanjutnya: Penyebab anak-anak gagal disuntik vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru