Penyakit Menular

Pakar penyakit menular AS: Pakai dua masker lebih efektif mencegah virus corona

Rabu, 27 Januari 2021 | 09:53 WIB Sumber: USA Today
Pakar penyakit menular AS: Pakai dua masker lebih efektif mencegah virus corona

ILUSTRASI. Dr. Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS mengatakan, penggunaan dua masker lebih efektif mencegah virus corona.

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Banyak yang bilang, dua kepala lebih baik dari satu. Akan tetapi, apakah hal yang sama berlaku untuk masker?

Menurut Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka, jawabannya adalah 'ya'.

"Jadi, jika Anda memiliki masker penutup fisik dengan satu lapisan, Anda meletakkan lapisan lain, itu masuk akal bahwa kemungkinan akan lebih efektif," kata Fauci kepada "NBC News 'TODAY" pada hari Senin. "Itulah alasan mengapa Anda melihat orang menggunakan dua masker atau menggunakan masker versi N95."

Melansir USA Today, penggunaan masker ganda menjadi sorotan pekan lalu selama pelantikan Presiden Joe Biden, di mana beberapa pejabat tinggi dan selebriti difoto mengenakan dua masker.

Baca Juga: Kasus Covid-19 tembus 1 juta, ini cara membedakan gejala corona dengan flu biasa

Pete Buttigieg, calon Biden untuk memimpin Departemen Perhubungan, mengunggah foto dirinya di Twitter yang mengenakan masker bedah di bawah masker kain hitam. Amanda Gorman, penyair di pelantikan berusia 22 tahun, juga mengenakan masker bedah di balik kain merah modis.

USA Today memberitakan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Matter pada bulan Juli menemukan bahwa memakai dua masker dapat meningkatkan perlindungan dari partikel virus hingga 50% hingga 75%. Ini tidak hanya menambahkan lapisan perlindungan ekstra tetapi juga membuat masker pas di sekitar wajah, kata penulis studi Dr. Loretta Fernandez.

Baca Juga: Penularan Covid-19 masih tinggi, Ajib Hamdani pilih pakai masker medis

"Kami menemukan bahwa efisiensi penghilangan partikel dari banyak masker bedah dapat ditingkatkan hingga 50% hanya dengan menempelkan bahan masker ke wajah," katanya. "Di lab, kami melakukan ini dengan menambahkan stocking nilon, tetapi juga menguji lapisan elastis lainnya seperti gator dan celana ketat dan menemukan bahwa mereka juga memecahkan masalah memotong udara yang bocor dari sekitar masker."

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru