Tips Sehat

Pakai bahan alami, inilah 5 cara mengatasi asam lambung

Jumat, 18 Juni 2021 | 15:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, inilah 5 cara mengatasi asam lambung

ILUSTRASI. Salah satu manfaat kayu manis adalah digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam lambung yang tak terkontrol bisa menyebabkan banyak masalah. Mulai dari bau mulut tak sedap, heartburn, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya Anda mempraktikkan beberapa cara mengatasi asam lambung.

Ada banyak faktor yang menyebabkan asam lambung naik. Mulai dari jeda antara jadwal makan berat terlalu lama, terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau kafein, dan lain sebagainya. Jika Anda terus mengabaikan asam lambung tinggi, bisa jadi kesehatan sistem pencernaan Anda semakin terganggu.

Selain mengonsumsi obat apotek, asam lambung juga dapat Anda atasi dengan memanfaatkan bahan alami. Namun, sebelum menggunakan bahan-bahan ini secara rutin, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.

Kayu Manis

NDTV Food (food.ndtv.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi kayu manis agar asam lambung lebih terkontrol. Tak hanya itu, kayu manis juga dipenuhi dengan nutrisi penting lain yang efektif menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Air sereh bermanfaat membantu meredakan asam lambung tinggi

Cengkih

Salah satu cara mengatasi asam lambung adalah dengan mengonsumsi cengkih. Jenis rempah itu bisa mencegah produksi gas di saluran pernapasan. Selain itu, cengkih juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

Jahe

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan NDTV Food untuk mengatasi asam lambung adalah jahe. Jahe dipenuhi dengan antiinflamasi yang efektif menetralkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi jahe langsung atau mencampurnya dulu dengan air hangat.

Pisang

Mengonsumsi pisang termasuk salah satu cara mengatasi asam lambung.

Jika Anda mencari cara mengatasi asam lambung, tak ada salahnya untuk memanfaatkan pisang. Cobalah untuk mengonsumsi satu buah pisang per hari agar asam lambung naik tak sering Anda alami. Serat yang terdapat dalam pisang juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga sembelit dapat Anda hindari.

Baca Juga: Air lemon bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Daun Kemangi

Apakah Anda sering mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan? Ternyata bahan alami tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi asam lambung, lo. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus tiga hingga empat lembar daun kemangi dalam segelas air. Konsumsi air rebusan itu secara rutin agar jumlah asam lambung lebih terkontrol. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi daun kemangi secara langsung.

Selanjutnya: Minum air rebusan daun kemangi bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru