Air lemon bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Rabu, 16 Juni 2021 | 13:11 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Air lemon bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

ILUSTRASI. Air lemon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Asam lambung naik setelah mengonsumsi makanan pedas dan berlemak? Air lemon bisa membantu menuurunkan asam lambung tinggi. 

Asam lambung tinggi bukanlah penyakit yang menular tapi bisa menyerang siapa saja. 

Baca Juga: Asam lambung naik? Madu bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Perlu Anda ketahui, naiknya asam lambung dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. 

Walaupun bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. 

Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. 

Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk menetralkan kadar asam lambung. Cukup banyak obat herbal yang berkhasiat sebagai obat asam lambung.

Air lemon menurunkan asam lambung tinggi 

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam. Tapi, siapa sangka lemon efektif menurunkan asam lambung tinggi. 

Mengutip dari Kompas.com, air lemon bersifat basa dan bisa menetralisir asam lambung. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup ambil satu sendok makan air perasan lemon lalu masukkan ke dalam segelas air hangat. Anda minum air lemon hangat tersebut sebelum makan. 

Sekedar mengingatkan, Anda sebaiknya mengonsumsi lemon secukupnya. Sebab, konsumsi lemon berlebihan bisa mengikis enamel gigi dan memicu gangguan pencernaan. 

Baca Juga: Lidah buaya efektif menurunkan asam lambung tinggi

Selanjutnya: 9 Manfaat leci untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai darah tinggi

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru