kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,33   6,87   0.75%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai bahan alami, coba 6 pilihan obat diare anak ini


Selasa, 30 November 2021 / 09:56 WIB
Pakai bahan alami, coba 6 pilihan obat diare anak ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat diare anak perlu segera Anda berikan supaya kondisi kesehatan anak tidak semakin buruk. Meski ada banyak obat yang tersedia di pasaran, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami yang cukup mudah ditemukan.

Sama seperti orang dewasa, diare pada anak-anak bisa mengakibatkan dehidrasi. Peran orangtua dibutuhkan saat anak belum bisa mengkomunikasikan apa yang sedang dirasakan dengan baik. Biasanya, dehidrasi ditandai dengan mulut kering atau frekuensi buang air kecil berkurang.

Di sisi lain, frekuensi buang air besar justru meningkat. Feses yang dikeluarkan pun memiliki tekstur lunak daripada biasanya. Salah satu cara menyembuhkan diare adalah dengan memberikan bahan-bahan alami. Namun, jika kondisi anak tak kunjung membaik, segera periksakan anak ke dokter, ya.

Air Kelapa

Jika Anda mencari obat diare anak, tidak ada salahnya untuk mencoba air kelapa. Selain mengatasi diare, bahan alami itu juga efektif mengatasi dehidrasi yang mungkin dialami anak-anak. Cobalah untuk memberikan segelas air kelapa pada anak sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Catat! Ini 6 gejala flu yang paling umum muncul

Lemon

Gunakan lemon sebagai obat diare anak.

Lemon tidak boleh ketinggalan dari daftar obat diare anak. Bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri sehingga efektif mengatasi bakteri. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi lemon juga mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh anak.

Apel

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan apel sebagai cara mengobati diare yang dialami anak-anak. Jenis buah itu mengandung pectin yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Anda dapat merebus apel kemudian memberikan ekstraknya pada anak-anak.

Pisang

Obat diare untuk anak lainnya yang tidak kalah efektif adalah pisang. Sama seperti wortel, mengonsumsi pisang mampu mengembalikan energi anak yang hilang selama diare. Kandungan kalium, kalsium, magnesium, dan nutrisi penting lain juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Gangguan sistem pencernaan ini wajib Anda ketahui

Wortel

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat diare anak adalah wortel.

Tahukah Anda bahwa wortel bisa dimanfaatkan sebagai obat diare bayi? Kandungan dalam jenis sayur itu mampu mengembalikan energi anak yang hilang selama mengalami diare. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk memberikan jus wortel pada anak beberapa kali dalam sehari.

Jahe, Kayu Manis, Kunyit, Madu

Mengutip dari Firstcry.com, jahe, kayu manis, kunyit, dan madu termasuk beberapa obat diare alami yang bisa Anda coba. Campur 1 sdt jahe yang sudah diparut dengan sedikit madu, bubuk kayu manis, dan bubuk kunyit. Berikan campuran itu pada anak tiga kali dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×