4 Gangguan sistem pencernaan ini wajib Anda ketahui

Jumat, 19 November 2021 | 12:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Gangguan sistem pencernaan ini wajib Anda ketahui

ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui beberapa gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi.

KONTAN.CO.ID - Gangguan sistem pencernaan adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang. Tidak hanya GERD, masih ada masalah lain yang sebaiknya Anda kenali. Dengan begitu, pengobatan yang sesuai bisa Anda dapat.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah penyakit di mana katup antara lambung dan saluran pencernaan atas tak berfungsi dengan baik. Akibatnya, asam lambung naik sehingga menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman.

Ada banyak orang yang menganggap masalah pada perutnya terjadi karena GERD. Padahal, masih banyak jenis penyakit lain terkait sistem pencernaan yang bisa Anda alami. Di bawah ini, ada beberapa penyakit pada sistem pencernaan yang sebaiknya Anda kenali.

Penyakit crohn

Everyday Health menyebutkan, penyakit crohn bisa terjadi di saluran pencernaan mana pun. Akan tetapi, penyakit itu lebih banyak menyerang terminal ileum, penghubung usus kecil dan usus besar.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab penyakit crohn. Namun, dokter menganggap, riwayat kesehatan keluarga dan gen yang memegang peranan penting dalam penyakit itu. Beberapa gejala penykit crohn yang terjadi adalah buang air besar berdarah, demam, diare, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Makanan untuk penderita asam lambung yang wajib Anda lirik

Ambeien

Ambeien jadi salah satu gangguan sistem pencernaan yang dapat Anda alami.

Ambeien jadi gangguan sistem pencernaan selanjutnya yang cukup sering terjadi. Salah satu gejala ambeien yang banyak terjadi adalah buang air besar berdarah. Tak hanya itu, pembuluh darah di sekitar rektum yang membengkak juga bisa membuat Anda merasa tak nyaman.

Ada banyak cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan. Mulai dari minum banyak air putih, rajin olahraga, hingga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Obat ambeien yang ada di apotek atau resep dokter juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Sila Anda coba, ini 4 makanan untuk penderita asam lambung

Batu empedu

Gangguan sistem pencernaan yang lain adalah batu empedu. Biasanya, kondisi itu terjadi karena ada terlalu banyak sisa empedu, kolesterol tinggi, atau kantung empedu yang tidak kosong secara maksimal. Rasa sakit muncul saat batu empedu berada di usus dan menyumbat saluran pencernaan.

Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan yang terjadi di kantung-kantung sepanjang saluran pencernaan, terlebih di bagian usus besar. Mengutip dari Everyday Health, gejala divertikulitis yang dapat Anda alami adalah sakit perut, demam, tubuh menggigil, mual, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Sedang Lapar? Yuk, Nyemil Keripik Pangsit Balado, Ini Resepnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru