Pakai 5 bahan ini sebagai cara membersihkan usus kotor

Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai 5 bahan ini sebagai cara membersihkan usus kotor

ILUSTRASI. Lemon, madu, dan bahan alami yang lain dapat Anda gunakan sebagai cara membersihkan usus kotor.

KONTAN.CO.ID - Sama seperti bagian tubuh yang lain, kebersihan usus perlu dijaga supaya kesehatannya terjaga. Ada beragam cara membersihkan usus kotor yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami.

Tidak hanya menjaga kesehatan usus dan menghindari beberapa jenis penyakit yang menyerang organ tersebut, kebersihan usus juga dapat mendatangkan manfaat yang lain. Misalnya, meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan berat badan.

Meski mudah dicoba, tapi usahakan untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan beberapa hal ini secara teratur, ya. Dengan begitu, efek samping yang tidak diinginkan bisa Anda hindari.

Lemon dan madu

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kebersihan usus adalah lemon dan madu. Mengutip dari Medicine Net, Anda perlu mencampur air perasan lemon dan 1 sdt madu dalam segelas air hangat.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa menambahkan sejumput garam dalam campuran itu. Konsumsi minuman tersebut di pagi hari saat perut masih kosong. Cobalah untuk melakukan langkah tersebut secara rutin.

Baca Juga: Cari cara membersihkan pembuluh darah? Coba 5 makanan ini

Teh herbal

Mengonsumsi teh herbal jadi cara membersihkan usus kotor berikutnya yang layak untuk Anda coba. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam teh herbal mampu mengatasi sembelit sehingga kebersihan usus pun dapat terjaga.

Air putih

Supaya kotoran dan zat beracun tak menyumbat usus, usahakan untuk minum banyak air putih. Selain itu, minum banyak air putih juga bisa menghindarkan tubuh Anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tak hanya air putih, kebutuhan tubuh akan cairan juga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi buah kaya air.

Air garam

Medicine Net merekomendasikan Anda untuk memanfaatkan air garam supaya kesehatan usus terjaga. Anda hanya perlu minum segelas air hangat yang dicampur dengan 2 sdt garam. Minum larutan itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Ini 7 cara menjaga kesehatan ginjal

Jahe

Mengonsumsi jahe termasuk salah satu cara membersihkan usus kotor.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi jahe termasuk salah satu cara membersihkan usus kotor? Kandungan dalam jenis rempah itu efektif menstimulasi sistem pencernaan sehingga kotoran bisa dikeluarkan dengan maksimal.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan jahe. Anda bisa mencampurnya dalam hidangan sehari-hari. Tidak hanya itu, cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdt jahe dan madu.

Selanjutnya: Sebelum konsumsi, kenali dulu manfaat dan efek samping teh daun kelor untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru