kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pahami Cara Menghindari Breakout pada Wajah, Perhatikan Kandungannya!


Minggu, 26 Desember 2021 / 11:30 WIB
Pahami Cara Menghindari Breakout pada Wajah, Perhatikan Kandungannya!


Reporter: Rizka Noveliana | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Saat mencoba produk skincare baru malah menimbulkan masalah pada wajah, bisa jadi Anda mengalami breakout.

Melansir dari base.co.id, breakout merupakan suatu keadaan kulit ketika kulit menjadi kemerahan, gatal, bengkak akibat menggunakan suatu produk yang mengandung bahan - bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Selain itu, breakout terjadi di daerah wajah yang tidak biasanya ditumbuhi jerawat dan terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama. Namun, Anda masih bisa menghindari breakout pada wajah.

Melansir dari base.co.id, inilah cara menghindarinya, yaitu: 

1. Melakukan Patch Test

patch test

Cara menghindari breakout pada wajah adalah melakukan patch test. Sebelum menggunakan produk skincare, Anda harus melakukan patch test. Cara ini dilakukan untuk mendiagnosis iritasi atau tingkat sensitivitas pada kulit.

Cara melakukan patch test yang benar menurut FDA adalah menempatkan produk dalam jumlah sedikit di daerah kulit dan tunggu selama 2 - 3 hari. Apabila terjadi kemerahan, bengkak serta gatal rasa terbakar, maka Anda tidak disarankan untuk menggunakan produk tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Nyeri Tulang Pada Ibu Hamil

2. Menghindari kandungan pemicu breakout

Ada dua kandungan pemicu breakout yang harus Anda hindari, yaitu parfum dan pengawet. 

Skincare

Parfum

Parfum merupakan salah satu pemicu timbulnya iritasi pada kulit diantaranya adalah benzyl alcohol, benzyl benzoate, d-limonen, dan linalool. Ada banyak sekali jenis parfum yang dapat terkandung dalam sebuah produk, sehingga Anda harus hati-hati dan memperhatikan komposisi produk skincare sebelum memutuskan untuk menggunakan produk skincare tersebut. 

Baca Juga: Selama Nataru, Tingkat Kunjungan ke Pusat Perbelanjaan Diprediksi Capai 70%

Pengawet

Selain parfum, kandungan pengawet juga bisa memicul timbulnya breakout pada wajah. Jenis pengawet seperti paraben, imidazolidinyl urea, Quaternium-15, DMDM hydantoin, phenoxyethanol, dan methylchloroisothiazolinone dapat menyebabkan terjadinya reaksi iritasi atau alergi terhadap kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dengan kandungan yang dimiliki produk skincare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×