kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Pada Ibu Hamil


Minggu, 26 Desember 2021 / 04:45 WIB
Cara Mengatasi Nyeri Tulang Pada Ibu Hamil


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab nyeri sendi pada ibu hamil adalah kenaikan berat badan sehingga tekanan yang diberikan pada sendi-sendi tubuh pun akan meningkat. 

Selain itu, penyebab nyeri sendi saat hamil, termasuk nyeri sendi kaki saat hamil, terjadi akibat ibu hamil menyimpan banyak cairan tubuh. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan tubuh menjadi kaku sehingga nyeri sendi saat hamil pun tak tertahankan, dikutip dari Pregnant Education. 

Untuk mengatasinya, konsumsi obat tentunya harus dibatasi, karena apapun yang dikonsumsi ibu akan memberikan pengaruh juga terhadap bayi di dalam kandungan.

Baca Juga: Puluhan Ribu Tentara Rusia Gelar Latihan Selama Sebulan di Dekat Ukraina

Oleh sebab itu, cara alami dianggap sebagai langkah paling aman untuk mengatasi nyeri sendi yang timbul. Berikut ini pilihan langkah-langkah yang bisa dilakukan, dilansir dari Everyday Health.

1. Kompres dengan air panas atau air dingin

Mengompres sendi yang nyeri dengan air dingin merupakan cara mengatasi nyeri sendi pada ibu hamil yang bisa Anda coba.Anda dapat mengompres sendi dengan membungkus es batu menggunakan handuk.

2. Pijat hamil

Bagi ibu yang biasa melakukan pijatan, pijat hamil ini dapat menjadi solusi untuk menghilangkan nyeri dan kekakuan sendi. Melalui pijatan ini pula akan meningkatkan rentang gerak dan nyaman saat berjalan.

Baca Juga: Program Perekrutan Bersama BUMN 2021 Dibuka Lagi, Terbuka Untuk Lulusan SMA, D3, S1

3. Istirahat yang cukup

Anda bisa mencoba melakukan beberapa gerakan relaksasi dan memposisikan kaki agak sedikit naik saat tidur untuk membantu meredakan nyeri sendi lutut saat hamil serta pergelangan kaki.

4. Rutin olahraga

Dengan rutin berolahraga, maka kemampuan gerak tubuh dan kelenturan sendi akan tetap terjaga.Sehingga, akan membantu meredakan sekaligus mencegah nyeri sendi selama masa kehamilan.

Dilansir dari Today’s Parent, jika cara-cara tersebut tidak efektif, Anda dapat mencoba menggunakan terapi obat seperti asetaminofen sebagai obat pereda nyeri sendi ringan.

Selalu kontrol kehamilan Anda dengan dokter kandungan terdekat Anda agar kondisi kehamilan sehat Anda terpantau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×