Pahami 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Harus Anda Tahu

Kamis, 12 Mei 2022 | 14:11 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Pahami 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Harus Anda Tahu

ILUSTRASI. Pahami 7 Kesalahan Memakai Body Lotion yang Harus Anda Tahu


KONTAN.CO.ID - Rangkaian body care yang tidak boleh dilewatkan adalah pemakaian body lotion. Memakai body lotion cukup dengan mengoleskan lotion ke permukaan kulit tubuh Anda. Namun, tanpa Anda sadari ada beberapa kesalahan ketika menggunakan body lotion.

Salah satunya, Anda tidak mengoleskan langsung body lotion selesai mandi. Padahal waktu yang tepat mengoleskan body lotion saat kulit dalam keadaan lembab.

Oleh karena itu, agar Anda mendapatkan hasil yang optimal. Simak penjelasan tentang tujuh kesalahan menggunakan body lotion melansir dari womantalk.com dan sahabatmarina.com, yaitu:

1. Sering mengganti produk body lotion

Kesalahan menggunakan body lotion pertama adalah sering mengganti produk body lotion. Sebenarnya mengganti produk body lotion tidak menjadi masalah besar, tetapi harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda.

Jika Anda telah menemukan body lotion yang memberikan pengaruh baik untuk kulit, sebaiknya Anda meneruskan menggunakan produk body lotion tersebut dan tidak perlu mengganti body lotion terlalu sering karena justru kulit akan kehilangan manfaat dari body lotion tersebut.

2. Tidak memilih body lotion sesuai kebutuhan kulit

Tentunya, sangat penting memilih body lotion yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Sehinga, hasil kulit yang didapatkan sesuai dengan harapan Anda. Misalnya, jika anda memiliki kulit kering, anda dapat memilih produk body lotion yang memberikan kelembapan pada kulit. Atau, jika kulit terhindar dari paparan sinar matahari, bisa memilih produk yang mengandung SPF. 

3. Tidak mengoleskan langsung lotion selesai mandi

Kesalahan menggunakan body lotion selanjutnya yaitu tidak mengoleskan langsung lotion selesai mandi. Padahal, kulit yang lembab akan membuat body lotion cepat menyerap ke dalam kulit dan bertahan lebih lama. Sebaiknya oleskan langsung body lotion pada kulit maksimal 30 menit setelah mandi.

Baca Juga: Pahami 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi yang Berbeda dengan Kulit Kering

4. Memakai body lotion terlalu sedikit

Memakai body lotion terlalu sedikit, tidak cukup untuk meratakan kelembapan kulit di seluruh tubuh. Anda perlu menakar body lotion, seukuran koin di telapak tangan. Kemudian, Anda bisa mengoleskannya dari bawah ke atas. Ratakan lotion ke beberapa bagian tubuh Anda agar mendapatkan hasil yang optimal.

5. Tidak mengaplikasikan ulang

Biasanya Anda hanya mengoleskan body lotion setelah mandi saja. Tetapi saat kulit tubuh terkena panas atau dingin, seharusnya makin sering pula Anda mengaplikasikan body lotion. Sebaiknya, Anda mengaplikasikan ulang body lotion setiap 6-7 jam sekali atau minimal 3 kali sehari untuk memberikan kelembapan dan hasil maksimal pada kulit.

6. Tidak menggunakan body scrub

Fungsi body scrub untuk megangkat sel kulit mati dan membuat kulit cerah. Dengan memakai body scrub yang tepat untuk kulit, nantinya body lotion akan lebih mudah terserap ke kulit dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

7. Memakai body lotion untuk wajah

Kesalahan menggunakan body lotion terakhir yaitu memakai body lotion untuk wajah. Ini jelas salah ya, sebab body lotion memang diformulasikan untuk kulit tubuh saja dari tangan hingga kaki. Hindari memakai body lotion untuk wajah karena sudah ada produk khusus yang memang buat melembapkan wajah.

Sekarang Anda sudah tahu 7 kesalahan menggunakan body lotion yang tidak disadari. Anda dapat memperbaiki penggunaan body lotion agar kulit bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru