Penyakit Menular

Orangtua tidak mengalami gejala virus corona ini lo, sudah tahu?

Minggu, 21 Februari 2021 | 14:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Orangtua tidak mengalami gejala virus corona ini lo, sudah tahu?

KONTAN.CO.ID - Gejala virus corona yang selama ini diketahui banyak orang adalah batuk, sesak napas, dan demam. Ternyata, salah satu gejala itu,  demam, tidak dialami oleh orangtua dengan usia di atas 65 tahun, lo.

Mengutip dari Best Life, rata-rata suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celcius. Seseorang dikatakan demam saat suhu tubuhnya mencapai 37,8 derajat Celcius. Namun, seiring bertambahnya usia, suhu tubuh manusia mengalami penurunan.

Menurut sebuah penelitian, suhu tubuh orangtua yang berusia lebih dari 65 tahun (37,4 derajat Celcius) sama dengan suhu seseorang yang mengalami demam, yaitu 37,8 derajat Celcius. Hal itu mengakibatkan banyak orangtua yang tidak terdiagnosa Covid-19.

Artinya, pengobatan dan transmisi virus corona lebih sulit dicegah, apalagi orangtua adalah salah satu kelompok yang mudah tertular Covid-19. Melansir Best Life, dokter dan tenaga kesehatan diimbau untuk lebih waspada dan teliti ketika mengecek kondisi para orangtua.

Baca Juga: 4 Langkah pencegahan virus corona saat makan di restoran

Baca Juga: Ini serangkaian gejala terbaru Covid-19, ayo waspada!

Selain itu, masyarakat pun diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan kegiatan di luar rumah yang melibatkan banyak orang.

Jika Anda terpaksa melakukannya, jangan lupakan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain minimal enam kaki atau sekitar 2 m, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, dan menggunakan masker secara benar.

Tidak berhenti sampai di situ, usahakan untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda. Gunakan disinfektan untuk membersihkan berbagai macam kotoran, apalagi di permukaan benda yang sering Anda pegang. Misalnya, gagang pintu, permukaan meja atau kursi, dan lain sebagainya.

Pastikan pula untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi berbagai macam jenis makanan bergizi dan jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin.

Anda tidak perlu mengunjungi gym karena tempat tersebut memiliki risiko penularan virus corona yang tinggi. Cukup lakukan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah.

Selanjutnya: 4 Gejala tambahan infeksi Covid-19 berdasarkan riset terbaru, apa saja?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru