Omicron Makin Menyebar, Apakah Varian Lama Alfa, Beta, Gamma Masih Ada?

Selasa, 15 Maret 2022 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Omicron Makin Menyebar, Apakah Varian Lama Alfa, Beta, Gamma Masih Ada?

ILUSTRASI. Virus Covid-19 masih terus menyebar di dunia. Adapun varian yang masih sering dilaporkan yakni varian Delta dan varian Omicron. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Covid-19 masih terus menyebar di dunia. Adapun varian yang masih sering dilaporkan yakni varian Delta dan varian Omicron. 

Padahal sejak awal 2020, ada varian awal Covid-19 yang dikenalkan mulai dari varian Alfa, varian Beta, varian Gamma, hingga varian Lambda yang penamaannya diatur oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Lalu, apakah saat ini varian lama Covid-19 sudah hilang atau masih bisa menginfeksi? 

Keberadaan varian lama Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 RS UNS Surakarta, dr Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan bahwa varian lama Covid-19 masih ada. 

"Masih, jadi tidak hilang sampai habis. Tetap ada, hanya jumlahnya terdesak oleh varian Omicron yang sedang mendominasi," ujar Tonang saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/3/2022). 

Menurutnya, risiko terinfeksi dari varian lama ini juga masih ada. Namun, risiko penularan varian lama ini tergantung dengan proporsinya. 

"Yang paling berisiko tentu terinfeksi varian yang sedang mendominasi," lanjut dia. 

Baca Juga: Deltacron Muncul, Ini Gejala Paling Umum Varian Omicron dan Delta

Varian lain tidak terklasifikasikan 

Ketua Tim Riset Whole Genome Sequencing (WGS) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sugiyono Saputra menyampaikan mengenai data pendeteksian varian Covid-19 di Indonesia. 

Ia mengatakan, jika merujuk pada data genom SARS-CoV-2 di Indonesia sejak Februari 2022 hingga saat ini di GISAID, varian Covid-19 didominasi oleh Omicron.

"Varian Omicron sekitar 95 persen dan varian Delta di bawah 1 persen," ujar Sugiyono saat dihubungi terpisah oleh Kompas.com, Senin (14/3/2022). 
Menurut dia, persentase sisanya merupakan varian-varian lain dan varian yang tidak terklasifikasikan. Sebab, varian of concern (VOC) atau varian yang menjadi perhatian saat ini yakni Omicron dan Delta. 

Baca Juga: Apa Saja Gejala Covid-19 Varian Omicron yang Paling Banyak Dirasakan Pasien?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru