Obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda jadikan pilihan

Jumat, 01 Oktober 2021 | 08:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda jadikan pilihan

ILUSTRASI. Supaya rasa sakit hilang, obat sakit gigi berlubang perlu Anda gunakan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi berlubang perlu segera Anda atasi supaya tak menimbulkan masalah lain, misalnya pembusukan gigi. Selain di apotek, obat sakit gigi berlubang juga bisa Anda dapat dari bahan-bahan alami, lo. Supaya gigi berlubang cepat sembuh, Anda perlu melakukannya secara teratur.

Awalnya, gigi berlubang terjadi karena kebersihan gigi dan gusi yang tidak terjaga. Kotoran yang tertinggal di sela-sela gigi memunculkan bakteri yang meningkatkan jumlah keasaman. Akibatnya, ada banyak mineral yang hilang dari permukaan gigi.

Apabila terus dibiarkan, kondisi itu dapat memicu kemunculan plak yang memperparah kondisi kesehatan gigi dan gusi. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah rutin menyikat gigi, apalagi setelah Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Memanfaatkan benang gigi dan obat kumur juga bisa jadi opsi. Selain itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami di bawah ini. Semakin rutin Anda memakainya, semakin cepat pula proses penyembuhan gigi berlubang.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat luka bakar, bisa dari bahan alami

Bawang Putih

Doctor NDTV (doctor.ndtv.com) mengatakan bahwa bawang putih dapat mengobati gigi berlubang. Alasannya karena adanya kandungan antijamur dan antibakteri. Anda bisa mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah.

Lemon

Salah satu obat sakit gigi berlubang adalah lemon.\

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat sakit gigi berlubang adalah lemon. Lemon kaya akan vitamin C yang efektif membunuh kuman dan mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Anda bisa mengunyah lemon lalu berkumur dengan air.

Baking Soda

Tahukah Anda bahwa baking soda bisa dipakai untuk obat sakit gigi berlubang? Selain mengandung antimikroba, baking soda juga memiliki kandungan yang dapat menetralkan keasaman di permukaan gigi.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membasahi sikat gigi lalu celupkan pada baking soda. Selanjutnya, sikat gigi Anda lalu berkumurlah dengan air. Meski demikian, usahakan untuk tidak memakai baking soda terlalu sering supaya tak ada efek samping yang Anda alami.

Baca Juga: Manfaatkan bahan alami ini untuk obati gusi bengkak

Kunyit

Kunyit bisa dipakai untuk obat sakit gigi berlubang.

Melansir Doctor NDTV, gigi berlubang bisa diobati memakai kunyit. Caranya, aplikasikan kunyit pada gigi berlubang selama beberapa menit kemudian berkumur dengan air. Antiinflamasi dan antibakteri dalam bahan alami itu bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Cengkih

Supaya gigi berlubang tak semakin parah, cobalah untuk memakai cengkih. Sama seperti bahan alami yang lain, cengkih mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan sakit gigi. Misalnya, antiinflamasi dan antibakteri.

Apabila memakai bahan-bahan alami tersebut tak membuahkan hasil apa pun, cobalah untuk segera periksa ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: 5 Obat sariawan alami yang bahannya mudah didapatkan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru