Obat Mempercepat Haid dan Makanan Untuk Mengatasi Nyeri Haid, Wanita Harus Tahu!

Selasa, 13 September 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
Obat Mempercepat Haid dan Makanan Untuk Mengatasi Nyeri Haid, Wanita Harus Tahu!


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mempercepat haid atau menstruasi. Selain itu kenali juga cara mengatasi nyeri haid yang sering dialami para wanita.

Para wanita wajib mengetahui cara mempercepat haid. Pasalnya, telat haid bisa berefek negatif bagi tubuh.

Selain itu, cara mengatasi nyeri haid juga penting diketahui. Banyak yang merasakan nyeri haid saat menstruasi sehingga mengganggu aktivitas.

Cara mempercepat haid penting dilakukan jika terlambat datang bulan. Tak hanya bikin ketar-ketir dengan kondisi kesehatan reproduksi, telat haid memicu rasa tidak nyaman seperti badan pegal-pegal, sakit kepala, perut tidak nyaman, sampai perasaan lebih sensitif seperti gejala PMS.

Nah, cara mempercepat haid bisa dilakukan dengan obat pelancar haid alami. Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com yang mengutip Healthline dan MedicalNewsToday, berikut beberapa cara mempercepat haid dengan obat alami:

  • Yoga

Cara mempercepat haid yang pertama adalah dengan olahraga yoga. Beberapa penelitian menyebutkan, yoga adalah pelacar haid alami yang cukup efektif.

Olahraga yang banyak melatih kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan otot ini dapat menyeimbangkan hormon, sehingga haid lebih teratur. Untuk hasil maksimal, coba beryoga 30 menit per hari minimal lima kali seminggu.

Baca Juga: Selain Kanker, Ini 6 Penyebab Payudara Terasa Sakit yang Perlu Anda Ketahui

  • Rutin olahraga

Cara mempercepat haid yang kedua adalah rutin olahraga. Jika Anda kurang sreg latihan yoga, pilih olahgara lain yang sesuai minat dan kemampuan tubuh Anda. Hal yang paling penting, lakukan dengan rutin dan disiplin.

Tak perlu muluk-muluk, Anda bisa memilih olahraga jalan kaki atau bersepeda. Lakukan olahraga ini minimal 30 menit per hari, seminggu lima kali.

  • Kayu manis

Cara mempercepat haid yang ketiga adalah konsumsi sari kayu manis. Formula antiperadangan dalam kayu manis dapat membantu mengatasi haid telat dan meredakan nyeri haid, terutama untuk penderita sindrom ovarium polikistik atau poly-cystic ovarium syndrome (PCOS).

Perlu diketahui, penyebab haid telat atau tidak teratur bisa berasal dari peradangan di dalam tubuh wanita. Saat telat haid, coba minuman pelancar haid ini.

  • Vitamin D

Cara mempercepat haid yang keempat adalah konsumsi vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko haid tidak teratur. Untuk itu, pastikan kecukupan vitamin D wanita terpenuhi.

Menurut Kementerian Kesehatan, wanita usia subur 15 mikrogram vitamin D per hari. Untuk mencukupi nutrisi ini, coba rutin berjemur, makan ikan laut, telur, jamur, tahu dan tempe.

  • Kendalikan stres

Cara mempercepat haid yang kelima adalah mengendalikan stres. Perlu diketahui, stres berlebihan bisa meningkatkan risiko haid telat dan tidak teratur. Untuk itu, coba buat pikiran rileks dengan cara latihan meditasi, mengerjakan hal menyenangkan, atau rampungkan persoalan biang stres.

Jika beragam obat pelancar haid alami di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan reproduksi wanita ini tak kunjung tuntas, segera konsultasi ke dokter. Terutama jika telat haid berulang dan disertai gejala lainnya seperti keputihan tidak normal, berat badan turun tanpa sebab jelas, atau jerawat berlebihan.

Cara mengatasi nyeri haid

Dikutip dari Momsmoney.id, nyeri haid adalah rasa yang kerap menghantui perempuan saat menstruasi. Entah terjadi sebelum menstruasi atau selama menstruasi berlangsung. 

Nyeri haid yang dirasakan perempuan saat menstruasi kerap membuat tidak nyaman bahkan bisa membuat tubuh lemas dan tidak bisa beraktivitas.  

Nyeri haid atau dismenore yang dialami perempuan disebabkan oleh beberpa hal seperti adanya kontraksi otot pada harim atau ada dalam kondisi tertentu, dikutip dari Healthline. 

Nyeri haid memang muncul hanya sesekali dalam sebulan dan bukanlah hal yang berbahaya. Namun, Anda perlu waspada jika nyeri haid terasa sangat parah dan muncul setiap kali datang bulan.  

Nyeri haid bisa diredakan dengan beberapa cara dan ada makanan yang juga diklaim ampuh redakan nyeri haid. Berikut 5 makanan ampuh redakan nyeri haid yang bisa anda konsumsi saat merasakan nyeri haid.  

1. Pisang

Makanan pertama untuk mengatasi nyeri haid adalah buah pisang. Pisang kaya vitamin B6 dan kalium yang meringankan rasa kembung pada perut. Kandungan potasium yang terlalu sedikit dapat memicu terjadinya kram otot. 

Satu buah pisang menggantikan kalium yang hilang seperti ketika kamu berolahraga selama satu hingga dua jam. Namun, jika kamu tidak suka pisang, jeruk bisa menjadi penggantinya. Buah ini bisa bantu redakan nyeri haid yang anda rasakan. 

2. Telur

Makanan kedua untuk mengatasi nyeri haid adalah telur. Dilansir Everyday Health, telur dapat membantu memerangi PMS karena mengandung vitamin D, B6, dan E. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 116 ribu perawat mengungkapkan, asupan vitamin D dan vitamin B dapat mengurangi gejala PMS, termasuk rasa nyeri dan kram. Kadar vitamin E juga bantu melawan reaksi nyeri saat PMS. 

Baca Juga: Sering Nyeri Saat Haid? Begini Cara Mengatasinya

3. Kacang

Makanan ketiga untuk mengatasi nyeri haid adalah konsumsi kacang. Kacang-kacangan juga mampu membantu kamu mengatasi nyeri haid. Hal ini disebabkan kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B6 dan magnesium yang bisa membantu kamu meredakan gejala nyeri haid. 

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kacang maupun selai kacang pada roti kesukaanmu saat kamu mengalami menstruasi. Selain bisa meredakan nyeri haid, kacang juga memberikan rasa kenyang lebih lama dan bisa anda gunakan untuk camilan saat diet. 

Baca Juga: Mitos-Mitos Menstruasi ini Masih Sering Dipercaya Kaum Hawa

4. Yogurt

Makanan keempat untuk mengatasi nyeri haid adalah yogurt rendah lemak. Secangkir yoghurt adalah sumber kalsium yang baik, sekaligus mampu memenuhi sekitar 25 persen dari kebutuhan harian kamu.

Selain manfaat yogurt untuk meredakan nyeri haid, rasa segar dari yogurt bisa bantu relaksasi dan memberikan rasa tenang setelah mengonsumsinya.  

5. Jahe 

Makanan kelima untuk mengatasi nyeri haid adalah jahe. Tanaman herbal satu ini juga tak kalah penting. Jahe memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Selain bisa menambah imunitas dan daya tahan tubuh, kandungan dari jahe juga bisa memberikan efek menghangatkan tubuh, sehingga rasa nyeri haid yang anda rasakan bisa berangsur reda. 

Itulah beberapa cara mempercepat haid dan cara mengatasi nyeri haid. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru