kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat Gula Darah Rendah Alami, Waspadai Penyebab Gula Darah Rendah


Rabu, 07 Februari 2024 / 06:36 WIB
Obat Gula Darah Rendah Alami, Waspadai Penyebab Gula Darah Rendah
ILUSTRASI. Obat Gula Darah Rendah Alami, Waspadai Penyebab Gula Darah Rendah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Gula Darah Rendah - Jakarta. Ada berbagai macam obat gula darah rendah di apotek. Selain konsumsi obat gula darah rendah dari apotek, ada juga obat gula darah rendah secara alami.

Kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah (glukosa) turun terlalu rendah.

Kondisi ini biasanya terjadi pada pengidap diabetes yang mengonsumsi obat untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Gula darah rendah bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Biasanya, kondisi itu merupakan efek samping dari pengobatan diabetes. Namun, orang yang tidak mengidap diabetes pun juga bisa mengalami gula darah rendah.

Lalu, apa obat gula darah rendah alami?

Diberitakan Kompas.com, Mayo Clinic dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan sejumlah obat gula darah rendah alami. Berikut penjelasannya:

  • Aturan 15-15

Obat gula darah rendah alami yang pertama adalah aturan 15-15. Jika Anda memiliki kadar gula darah rendah antara 55-69 mg/dL, Anda menaikkan dengan mengikuti aturan 15-15. Arti aturan ini adalah mengonsumsi 15 gram karbohidrat dan periksa gula darah rendah setelah 15 menit.

Karbohidrat yang akan bekerja cepat adalah makanan atau minuman manis tanpa protein atau lemak yang mudah menjadi gula di dalam tubuh. Misalnya, jus buah dan madu.

Anda sebaiknya menghindari makan karbohidrat yang banyak serat, seperti kacang-kacangan atau lentil, atau karbohidrat yang juga mengandung lemak, seperti cokelat. Serat dan lemak memperlambat seberapa cepat tubuh mendapatkan gula.

Jika masih rendah, Anda perlu mengulanginya lagi. Anda bisa mengulangi langkah ini hingga mencapai kisaran target aman yang direkomendasikan dokter yang menangani kondisi Anda. Setelah berada dalam jangkauan, Anda harus makan makanan berat atau ringan yang bergizi seimbang untuk memastikan kadar gula darah tidak terlalu rendah lagi atau tidak melonjak.

Baca Juga: Daftar Buah-Buahan dengan Indeks Glikemik Rendah, Cek Penjelasan Soal Indeks Glikemik

  • Makan makanan indeks glikemik tinggi

Obat gula darah rendah alami yang selanjutnya adalah makan-makanan indeks glikemik tinggi. Mengutip Health, saat mengatasi gula darah rendah, penting untuk memilih makanan yang rendah serat dan protein serta memiliki indeks glikemik yang relatif tinggi.

Indeks glikemik (GI) mengukur seberapa lambat atau cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah. GI memberi peringkat pada makanan dengan skala 0-100. GI rendah skornya 0-55, GI sedang 55-70, dan GI tinggi 70-100.

Makanan yang termasuk makanan dengan GI tinggi, meliputi madu, jus buah, sirup, soda, pisang, nasi putih, dan permen jeli.

  • Tindak pengobatan gula darah rendah parah

Gula darah di bawah 55 mg/dL dianggap sangat rendah. Anda tidak akan bisa menanganinya menggunakan aturan 15-15. Anda juga mungkin tidak bisa memeriksa gula darah sendiri atau mengobatinya sendiri, tergantung gejala yang Anda alami. Sehingga, Anda memerlukan bantuan orang lain.

Keluarga dan teman-teman dekat Anda perlu mengetahui di mana letak obat Anda dan bagaimana menggunakannya dalam keadaan darurat. Pada kondisi ini, penderita gula darah rendah umumnya dapat terbantu dengan obat peningkat gula darah (suntikan glukagon).

Jika Anda membantu seseorang yang tidak sadarkan diri karena hipoglikemia parah dan tidak tahu cara memberikan obat, segeralah cari bantuan medis darurat. Selama penderita tidak sadarkan diri, jangan mencoba memberinya makanan atau minuman.

  • Pemeriksaan gula darah lebih sering

Jika gula darah rendah Anda tergolong ringan (antara 55-69 mg/dL), Anda dapat kembali beraktivitas normal setelah gula darah Anda kembali ke kisaran targetnya. Setelah Anda memiliki gula darah rendah, gejala awal gula darah rendah akan berkurang selama 48 hingga 72 jam.

Pastikan untuk memeriksakan gula darah Anda lebih sering agar tidak terlalu rendah lagi, terutama sebelum makan, beraktivitas fisik, atau mengendarai mobil.

Penyebab gula darah rendah

Diberitakan Momsmoney, Mayo Clinic menyataakan ada sejumlah penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai.

1. Beberapa penyakit kritis

Penyakit hati yang parah, seperti hepatitis atau sirosis parah adalah penyebab gula darah rendah yang perlu diwaspadai.

Gangguan ginjal juga bisa menghalangi tubuh untuk mengeluarkan obat dengan benar, sehingga bisa membuat kadar gula darah menjadi rendah karena penumpukan obat tersebut.

2. Obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat diabetes oral orang lain secara tidak sengaja bisa menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, obat-obatan lain juga bisa menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada pengidap gagal ginjal. 

Salah satu contoh obat tersebut adalah kina (Qualaquin) yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa mengonsumsi makanan bisa menghalangi organ hati melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

4. Kelaparan dalam waktu lama

Melakukan diet atau memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa bisa membuat tubuh kelaparan dalam waktu lama. Kondisi tersebut memicu menurunnya kadar gula darah karena zat yang dibutuhkan untuk membuat glukosa menjadi terlalu sedikit. 

5. Kekurangan hormon

Kelainan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis tertentu bisa menyebabkan kekurangan hormon utama yang mengatur produksi glukosa. Anak-anak dapat mengalami hipoglikemia jika mereka memiliki terlalu sedikit hormon pertumbuhan.

Itulah obat gula darah rendah alami dan penyebab gula darah yang perlu diwaspadai. Segera hubungi dokter jika gula darah sangat rendah.

 

Selanjutnya: Begini Prospek Reksadana Saham di Tahun Pemilu 2024

Menarik Dibaca: Resep Ikan Panggang Lemon, Menu Diet Menyehatkan untuk Konsumsi di Pagi Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×