kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat Cacar Air Alami, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh


Senin, 18 Maret 2024 / 13:39 WIB
Obat Cacar Air Alami, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh
ILUSTRASI. Koloid Oatmeal merupakan salah satu obat cacar air alami.


Penulis: Ryan Suherlan

Obat Cacar Air Alami - Banyak alternatif obat cacar air alami yang penting diketahui dan patut untuk dicoba. Tidak hanya itu, kebanyakan obat cacar air alami relatif mudah didapatkan dan tidak kalah ampuh.

Cacar air, juga dikenal sebagai varisela, adalah penyakit infeksi virus yang umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah yang gatal di seluruh tubuh, demam ringan, dan gejala-gejala umum lainnya. 

Walaupun cacar air biasanya sembuh dengan sendirinya, banyak orang mencari obat alami untuk mengatasi gejala dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit ini.

Baca Juga: Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini

Melansir dari Medical News Today, obat alami atau pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi gejala cacar air dan membuat prosesnya lebih lambat.

Selain itu, berikut beberapa obat cacar alami di antaranya:

Air Hangat dengan Baking Soda

Mandi dengan air hangat dan tambahkan sedikit baking soda ke dalam air dapat membantu mengurangi gatal dan iritasi pada kulit. Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan ruam dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh cacar air.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Koloid Oatmeal

Produk berbahan dasar oatmeal yang berbentuk koloid dapat digunakan untuk mandi. Koloid oatmeal memiliki kemampuan alami untuk meredakan gatal dan peradangan pada kulit. Anda bisa mencampurkan beberapa sendok koloid oatmeal ke dalam air mandi anak Anda.

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Anda dapat mengoleskan sedikit madu ke ruam cacar air untuk membantu meredakan gatal dan membantu kulit pulih lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat Leci Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal yang Menarik

Daun Kemuning

Daun kemuning mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan gatal dan peradangan pada kulit. Anda bisa mencuci daun kemuning, lalu mengekstrak airnya dan menggunakannya untuk mengompres ruam cacar air.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat pelembap alami yang dapat membantu meredakan kulit yang kering dan gatal. Oleskan minyak kelapa secara lembut pada ruam cacar air untuk meredakan gejala.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah bahan alami yang dapat membantu mengurangi gatal dan mempercepat penyembuhan kulit. Potong sepotong kecil lidah buaya dan oleskan gelnya pada ruam cacar air.

Meskipun obat-obatan alami ini dapat membantu meredakan gejala cacar air, penting untuk diingat bahwa cacar air adalah penyakit virus yang biasanya memerlukan waktu untuk sembuh. Jika gejala anak Anda menjadi sangat parah, atau jika terdapat komplikasi seperti infeksi sekunder, segera konsultasikan dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×