HOME

Obat batuk herbal alami dan penanganan yang bisa Anda lakukan

Rabu, 08 Juli 2020 | 09:13 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Obat batuk herbal alami dan penanganan yang bisa Anda lakukan

ILUSTRASI. Teh hangat bisa dipakai sebagai obat batuk herbal alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat batuk herbal alami perlu menjadi rujukan ketika orang terserang batuk. Saat ada benda asing yang mengganggu saluran pernapasan, tubuh memberikan tanda baik berupa batuk. Sering kali hal tersebut mengganggu aktivitas seseorang.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk, termasuk memakai obat batuk herbal alami.

Faktor penyebab seseorang mengalami batuk bervariasi. Mulai dari debu, serbuk sari, atau alergi terhadap bulu binatang. Batuk juga bisa disebabkan oleh iritasi karena asap rokok, polusi, parfum, atau pengharum ruangan. Kondisi kesehatan seseorang juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami batuk.

Dilansir dari medicinenet.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk selain menggunakan obat batuk herbal alami.

Pertama, Anda bisa minum banyak air putih. Hal itu Anda lakukan untuk mengurangi banyaknya lendir yang mengganggu sistem pernapasan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meredakan batuk dengan uap air panas. Tuangkan air panas secukupnya dalam sebuah wadah, kemudian hadapkan wajah pada wadah tersebut. Namun, bagi Anda yang batuk karena penyakit asma, cara ini tidak dianjurkan karena bisa memperparah kondisi asma yang Anda miliki.

Baca Juga: Apa, sih, yang harus dilakukan ketika anak diare?

Obat Batuk Herbal Alami

Selain melakukan beberapa cara yang sudah disebutkan, meredakan batuk juga bisa dilakukan dengan memakai obat herbal. Everydayhealth.com menyebutkan ada beberapa jenis obat herbal yang bisa Anda pakai.

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan adalah madu. Meminum dua sendok teh madu sebelum tidur bisa meredakan batuk. Selain itu, kualitas tidur juga bisa meningkat karena hal tersebut.

Memberikan dua sendok teh madu untuk meredakan batuk bisa diberikan sejak anak berusia lebih dari dua tahun. Jangan berikan obat herbal tersebut ke anak yang berusia di bawah satu tahun karena bisa menyebabkan botulisme.

Baca Juga: Heboh kalung corona, kayu putih bisa redakan batuk, asma, sampai sakit sendi

Dalam everydayhealth.com juga disebutkan bahwa meminum air hangat bisa dipakai untuk meredakan batuk. Air hangat yang diminum bisa berupa kuah sup atau teh. Air hangat biasa juga tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah tubuh menjadi tidak dehidrasi sehingga sistem imun bisa tetap terjaga.

Obat batuk herbal alami lainnya yang bisa Anda pakai adalah bawang merah. Everydayhealth.com menyebutkan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan hal ini. 
Namun, banyak orang di Spanyol dan Prancis yang menggunakan cara ini. Aroma kuat yang dimiliki bawang merah bisa membantu meredakan batuk.

Anda dapat mencoba bawang merah sebagai obat batuk herbal alami. Caranya, potong bawang merah menjadi empat bagian dan taruh dalam wadah terbuka. Letakkan wadah berisi bawang merah di kaki meja tidur atau tempat lain yang tidak terlalu jauh dari tempat di mana Anda tidur.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru