kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat Batuk Berdahak Anak & Dewasa Serta Bahan Herbal Mengatasi Radang Tenggorokan


Rabu, 28 September 2022 / 06:51 WIB
Obat Batuk Berdahak Anak & Dewasa Serta Bahan Herbal Mengatasi Radang Tenggorokan
ILUSTRASI. Obat Batuk Berdahak Anak & Dewasa Serta Bahan Herbal Mengatasi Radang Tenggorokan


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak obat batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang mudah didapatkan tanpa harus ke apotek. Selain itu, kenali juga obat radang tenggorokan dari bahan herbal.

Orang tua perlu mengetahui obat batuk berdahak dan radang tenggorokan yang aman untuk anak-anak. Pasalnya, anak-anak sering kali mengalami batuk berdahak dan radang tenggorokan bersamaan.

Obat batuk berdahak dan radang tenggorokan ini aman dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pasalnya, obat batuk berdahak dan radang tenggorokan ini berasal dari bahan alami.

Merangkum pemberitaan Kompas.com yang bersumber dari Healthline, batuk adalah "kode" dari tubuh bahwa ada sesuatu yang mengiritasi tenggorokan atau saluran pernapasan. Saat iritasi merangsang saraf dan mengirim pesan ke otak, organ ini akan mendorong otot di dada dan perut untuk mengeluarkannya.

Meski tidak jarang terjadi, batuk bisa mengganggu apabila terjadi terus-menerus dan tidak disertai dahak. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan tenggorokan terluka, berdarah, dan menimbulkan rasa perih ketika menelan.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Untuk Didapatkan, Ampuh!

Obat herbal untuk meredakan batuk berdahak

Bagi orang-orang yang batuknya tidak kunjung sembuh, penyakit ini dapat diredakan bahkan diatasi dengan beberapa obat herbal. Dilansir dari Healthline, berikut obat herbal untuk mengatasi batuk berdahak pada anak-anak dan dewasa:

1. Madu

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang pertama adalah madu. Manfaat madu untuk mengobati batuk pernah dibuktikan dalam studi tahun 2021 yang dipublikasikan di BMJ Evidence-Based Medicine.

Peneliti mendapati temuan bahwa madu lebih baik untuk meredakan batuk dan mencegah mengonsumsi antiobiotik. Tak hanya itu, studi tahun 2021 yang dipublikasikan di Evidence-Based Practice turut membandingkan dekstrometorfan, obat batuk.

Peneliti menyampaikan, madu dan dekstrometorfan sama-sama bermanfaat untuk mengatasi batuk. Namun, madu mendapatkan skor lebih baik ketimbang dekstrometorfan dalam suatu percobaan.

Supaya batuk teratasi, madu dapat ditambahkan ke dalam minuman panas seperti teh herbal atau meneguk satu sendok madu.

2. Jahe

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang kedua adalah jahe. Jahe adalah rempah-rempah yang menenangkan dan menghangatkan ketika dikonsumsi. Itulah mengapa jahe bermanfaat meredakan batuk kering maupun berdahak termasuk asma karena mengandung sifat antiinflamasi (peradangan).

Manfaat jahe untuk meredakan batuk pernah dibuktikan dalam studi tahun 2015 yang dipublikasikan di Sage Journals. Studi meneliti 10 produk alami berbeda yang digunakan dalam obat-obatan tradisional Asia, termasuk jahe. Jahe dapat dikonsumsi untuk meredakan batuk dengan menambahkannya ke dalam teh.

3. Air hangat

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang ketiga adalah air hangat. Studi tahun 2008 yang dipublikasikan di National Library of Medicine menunjukkan air hangat pada suhu kamar dapat meredakan batuk.

Air hangat juga bermanfaat untuk meredakan pilek dan flu. Namun, orang dengan gejala pilek atau flu tambahan dapat mengambil manfaat dari menghangatkan minuman.

Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas mengurangi lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan. Selain air hangat, ada beberapa minuman hangat lainnya yang bisa dikonsumsi, yakni: Kaldu bening, Teh herbal, Teh hitam tanpa kafein, Jus hangat.

4. Akar marshmallow

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang keempat adalah akar marshmallow. Akar marshmallow dapat dikonsumsi untuk meredakan iritasi akibat batuk karena mengandung banyak lendir / dahak.

Lendir dibutuhkan lantaran tenggorokan membutuhkan zat kental dan lengket untuk melapisinya. Studi yang dipublikasikan di Karger menyebutkan, akar marshmallow sudah dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup obat batuk.

Dulunya, akar marshmallow dipadukan dengan thyme dan ivy yang secara efektif meredakan batuk akibat pilek dan infeksi saluran pernapasan. Tidak hanya itu, akar marshmallow mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Akar marshmallow dapat dikonsumsi dengan ditambahkan ke dalam air panas dan meminumnya. Agar manfaatnya lebih terasa, rendam akar marshmallow dalam waktu yang lama supaya lendirnya banyak.

5. Kumur air garam

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang kelima adalah kumur air garam. Kumur air garam dapat meringankan sakit tenggorokan dan gejala yang berhubungan dengan flu biasa.

Air garam yang digunakan berkumur juga membantu mengurangi lendir dan mengurangi rasa sakit. Untuk meredakan batuk, 1/2 sendok teh garam dapat ditambahkan ke dalam secangkir air hangat sampai larut.

Kemudian, biarkan hingga dingin untuk berkumur dan kumurkan di pangkal tenggorokan sebelum dikeluarkan. Kumur air garam dapat diulangi beberapa kali setiap hari supaya batuk semakin membaik.

6. Nanas

Obat herbal batuk berdahak untuk anak-anak dan dewasa yang keenam adalah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat antiinflamasi sekaligus mukolitik untuk memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Nanas bisa dikonsumsi dalam bentuk jus untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan meredakan batuk. Cara lainnya adalah mengonsumsi suplemen bromelain. Tapi, suplemen ini perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mencegah efek sampingnya.

Obat herbal Radang tenggorokan

Mengutip pemberitaan Kontan.co.id yang bersumber dari berbagai artikel kesehatan, berikut obat herbal radang tenggorokan untuk anak-anak maupun dewasa:

1. Cuka Apel

 Obat herbal radang tenggorokan untuk anak-anak maupun dewasa yang pertama adalah cuka apel. Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), kandungan dalam bahan alami itu efektif melawan bakteri yang menyebabkan iritasi.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, campur 1 sdm cuka apel dalam segelas air. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu untuk menambah cita rasa. Karena mengandung zat asam tinggi, usahakan untuk tidak mengonsumsi cuka apel secara berlebihan.

Baca Juga: Cara mengatasi radang tenggorokan, 4 bahan alami yang bisa dipakai

2. Madu

 Obat herbal radang tenggorokan untuk anak-anak maupun dewasa yang pertama adalah madu. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang efektif mengurangi iritasi dan rasa sakit di bagian tenggorokan.

3. Lemon

Obat herbal radang tenggorokan untuk anak-anak maupun dewasa yang ketiga adalah lemon. Bahan alami lainnya untuk mengobati radang tenggorokan yang direkomendasikan Medical News Today adalah lemon. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam lemon efektif mengatasi rasa sakit pada tenggorokan akibat iritasi.

Tak hanya itu, mengonsumsi lemon juga mampu meningkatkan produksi air liur. Dengan begitu, kelembaban tenggorokan bisa tetap terjaga. Anda bisa mencampur air lemon dan madu pada segelas air lalu minum air campuran itu hingga sakit tenggorokan berkurang.

4. Garam

Obat herbal radang tenggorokan untuk anak-anak maupun dewasa yang pertama adalah larutan garam. Garam mampu menyerap air sehingga peradangan dapat berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam garam juga efektif melawan mikroba yang mengiritasi tenggorokan.

Anda perlu melarutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan air garam itu untuk berkumur selama 30 detik. Supaya radang tenggorokan bisa sembuh dengan lebih cepat, tak ada salahnya untuk mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari.

Itulah berbagai obat herbal untuk batuk berdahak dan radang tenggorokan pada anak-anak. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×