kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Untuk Didapatkan, Ampuh!


Selasa, 13 September 2022 / 11:06 WIB
5 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Untuk Didapatkan, Ampuh!
ILUSTRASI. Air garam adalah salah satu obat sakit tenggorokan alami


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi obat sakit tenggorokan alami. Ada beberapa jenis obat sakit tenggorokan alami yang bisa Anda coba. 

Selain itu, obat sakit tenggorokan alami relatif untuk didapatkan. Meski demikian, obat sakit tenggorokan alami tak kalah ampuh dengan obat berbahan kimia atau sejenisnya. 

Sakit tenggorokan kerap menimbulkan rasa kurang nyaman dan cukup mengganggu saat melakukan aktivitas. Pasalnya, sakit tenggorokan sering kali menimbulkan gejala seperti tenggorokan gatal, suara menjadi serak hingga sakit saat menelan makanan.

Baca Juga: Catat Jadwal Timnas Senegal Di Piala Dunia 2022 Qatar

Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Oleh sebab itu, sakit tenggorokan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika kondisi sakit tenggorokan sudah semakin parah, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter atau tenaga medis terdekat sebelum menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih berbahaya. 

Lantas apa saja obat sakit tenggorokan alami yang patut untuk dicoba? 

Melansir dari Medicine Net, berikut ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Air Hangat

Rasanya air hangat sudah menjadi rahasia umum dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Mengkonsumsi air hangat secara rutin bisa mengurangi sakit tenggorokan.

Selain itu, jika sakit tenggorokan disebabkan oleh dahak, air hangat dapat mengecerkan dahak dan membuat tenggorokan lebih lega. 

2. Air Garam

Selain air hangat, obat sakit tenggorokan alami selanjutnya yaitu air garam. Anda hanya tinggal mencamput 1 sendok teh garam ke dalam satu gela air. Setelah itu, minum air garam tersebut dan sakit tenggorokan akan menjadi sedikit hilang.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Ada Laga Persebaya Surabaya vs RANS Nusantara FC

3. Bawang Putih

Obat sakit tenggorokan alami lainnya adalah bawang putih. Bukan tanpa alasan, bawang putih mempunyai kandungan yang dapat melawan infeksi akibat virus atau bakteri. Untuk dapat memanfaatkan bawang sebagai obat sakit tenggorokan, Anda hanya tinggal mengkonsumsinya secara langsung. 

4. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan alami loh. Pasalnya, kandungan zat asam dalam cuka apel mampu melindungi tenggorokan dari inflamasi atau peradangan. 

Selain itu, obat sakit tenggorokan alami ini juga mampu membunuh bakteri dan virus yang mengakibatkan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 8 Ada Tottenham Hotspur vs Leicester

5. Madu

Obat sakit tenggorokan alami yang tak boleh terlewatkan adalah madu. Dilansir dari Medicine Net, madu mengandung antibakteri yang efektif melindungi tenggorokan dari bakteri dan virus. 

Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan, madu juga efektif mengatasi batuk loh. Sehingga madu sangat cocok untun dimasukkan ke dalam daftar obat sakit tenggorokan alami yang patut Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×