Obat Alami Perut Kembung Dewasa & Cara Lain Mengatasi Perut Kembung

Kamis, 10 November 2022 | 04:55 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Obat Alami Perut Kembung Dewasa & Cara Lain Mengatasi Perut Kembung


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak obat alami perut kembung pada orang dewasa. Selain dengan obat, ada juga cara lain mengatasi perut kembung.

Obat alami perut kembung pada dewasa bisa menjadi alternatif jika tidak ada obat-obatan di rumah. Pasalnya, perut kembung bisa terjadi secara tidak terduga.

Namun Anda harus tetap hati-hati konsumsi obat alami perut kembang untuk orang dewasa tersebut. Meski terbuat dari bahan alami, obat perut kembung dewasa ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Lalu, apa saja obat alami perut kembung dewasa?

Mengutip Kompas.com, Stylecraze membagikan beberapa obat alami perut kembung dewasa sebagai berikut:

1. Teh peppermint

Obat alami perut kembung dewasa yang pertama adalah minum teh peppermint. Teh peppermint sangat bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pencernaan, termasuk mengatasi kembung. Itu karena teh peppermint memiliki sifat antispasmodik dan relaksan yang dapat meredakan gas.

Cara membuat teh peppermint sebagai obat alami untuk mengatasi, Anda hanya cukup menambahkan daun peppermint ke dalam secangkir air panas dan didihkan dalam panci. Setelah itu, bisa Anda tambahkan madu untuk menambah rasa, kemudian minum saat hangat. Ramuan teh peppermint ini bisa Anda konsumsi 3 kali sehari.

Baca Juga: Bisa Meredakan Perut Kembung, Ini Manfaat Beluntas untuk Kesehatan

2. Teh kamomil

Obat alami perut kembung dewasa yang kedua adalah minum teh kamomil. Teh kamomil telah digunakan selama berabad-abad untuk khasiat penyembuhan perut. Teh herbal ini memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meredakan perut kembung.

Cara untuk membuat obat alami dari kamomil ini sebagai berikut: Masukkan 1-2 sendok teh kamomil ke dalam air panas. Diamkan selama 5-10 menit. Saring dan tambahkan madu sebagai penambah rasa, sebelum diminum saat hangat. Anda bisa meminum teh kamomil untuk mengatasi kembung 2-3 kali sehari.

3. Biji adas

Obat alami perut kembung dewasa yang ketiga adalah biji adas. Biji adas (Foeniculum vulgare) bisa menjadi obat alami untuk pencernaan, termasuk mengatasi kembung.

Herbal ini mengandung senyawa yang disebut estragole, fenchone, dan anethole yang menunjukkan sifat antispasmodik, yang dapat membantu meredakan gas menumpuk di perut.

Cara meramu biji adas untuk menjadi obat alami mengatasi kembung sebagai berikut: Masukkan 1/2 hingga 1 sendok teh biji adas yang sudah dihancurkan ke dalam secangkir air panas. Biarkan setidaknya 5-10 menit. Setelah itu saring dan bisa Anda tambahkan madu untuk menambah rasa, sebelum diminum. Obat alami ini dapat Anda konsumsi 2-3 kali sehari saat perut kembung.

4. Jahe

Obat alami perut kembung dewasa yang keempat adalah jahe. Jahe memiliki sifat karminatif yang dapat membantu mengeluarkan gas menumpuk penyebab kembung serta meredakan kram dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, jahe dapat menjadi obat alami yang efisien untuk mengatasi kembung.

Cara membuat obat alami untuk mengatasi perut kembung sebagai berikut: Tambahkan 1 ruas jahe ke secangkir air dalam panci. Lalu, masak hingga mendidih selama kurang lebih 3-5 menit. Saring dan bisa Anda tambahkan madu untuk menambah rasa, sebelum Anda konsumsi. Anda bisa mengkonsumsi obat alami dari jahe ini 3 kali sehari untuk mengatasi kembung Anda.

5. Biji jintan

Obat alami perut kembung dewasa yang kelima adalah biji jintan. Jintan (Carum carvi) yang juga disebut sebagai adas Persia, memiliki sifat antispasmodik dan karminatif yang dapat digunakan untuk menghilangkan kembung dan gas yang berlebihan di perut.

Kehadiran senyawa kimia yang disebut carvol dan carvene yang memberikan manfaat ini pada biji jintan. Cara meramu biji jintan untuk menjadi obat alami mengatasi kembung sebagai berikut:

Ambil 1 sendok teh biji jintan ke dalam secangkir air panas dan biarkan terendam selama 5-10 menit. Saring dan bisa ditambahkan madu untuk penambah rasa sebelum dikonsumsi selagi hangat. Anda bisa mengkonsumsi obat alami ini sebanyak 3 kali sehari selama kembung.

6. Labu

Obat alami perut kembung dewasa yang keenam adalah labu. Labu sumber serat dan potasium alami yang dapat sangat membantu dalam mengurangi kembung.

Kalium dalam labu dapat menghilangkan kelebihan natrium dari tubuh Anda, yang sering menjadi penyebab di balik pembentukan gas di perut. Anda dapat mengkonsumsi labu yang sudah matang secara langsung atau dijadikan minuman, seperti kolak labu. Anda bisa mengkonsumsi labu setiap hari untuk mengatasi kembung dengan cepat.

7. Pisang

Obat alami perut kembung dewasa yang ketujuh adalah pisang. Pisang kaya akan serat dan mengandung potasium tingkat tinggi. Ini menjadikan pisang bisa menjadi obat alami yang bagus untuk mengatasi kembung, yang disebabkan oleh garam.

Kandungan kalium yang tinggi akan mengatur kadar natrium dalam tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi pisang secara langsung 1-2 buah setiap hari untuk mengatasi kembung.

8. Teh hijau

Obat alami perut kembung dewasa yang kedelapan adalah teh hijau. Teh hijau adalah diuretik alami dan kaya akan antioksidan. Sifat tersebut membantu meningkatkan produksi urin, sehingga membuang kelebihan air yang ditahan tubuh Anda.

Pada gilirannya, itu membantu mengatasi kembung di perut Anda yang terjadi akibat retensi air. Selain itu, teh hijau dapat meredakan penumpukan gas penyebab kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Cara membuat obat alami dari teh hijau untuk mengatasi perut kembung Anda sebagai berikut: Rebus teh teh hijau dalam air hingga mendidih setidaknya selama 5 menit. Saring dan bisa Anda tambahkan madu untuk menambah rasa sebelum Anda konsumsi Teh hijau dapat Anda konsumsi 3 kali sehari selama kembung.

9. Air lemon

Obat alami perut kembung dewasa yang kesembilan adalah air lemon. Lemon adalah diuretik alami yang menunjukkan sifat pencahar ringan bila dicampur dengan air hangat. Lemon dapat membantu untuk mengatasi kembung yang disebabkan oleh garam karena mengurangi jumlah garam di dalam tubuh.

Cara membuat obat alami dari lemon untuk mengatasi perut kembung adalah cukup dengan menambahkan 1 sendok teh air lemon ke segelas air hangat. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa sebelum dikonsumsi selagi hangat. Anda bisa mengkonsumsi sekali sehari selama kembung.

10. Adas manis

Obat alami perut kembung dewasa yang ke-10 adalah adas manis. Sifat antispasmodik biji adas manis (Pimpinella anisum) dapat membantu relaksasi saluran pencernaan Anda. Herbal ini juga memiliki efek karminatif yang dapat mengobati masalah pencernaan, seperti dispepsia, yang dapat menyebabkan kembung.

Cara untuk membuat obat alami dari adas manis untuk mengatasi kembang, yaitu: Masukkan 1 sendok biji adas manis dalam air mendidih selama 5-10 menit.

Setelah itu, saring. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah cita rasa sebelum mengkonsumsinya selagi hangat. Anda bisa meminum obat alami ini 2-3 kali sehari selama kembung.

Cara lain mengatasi perut kembung

Selain dengan obat alami, ada juga cara lain mengatasi perut kembung. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya. Namun, cara-cara di bawah ini dapat mempercepat proses penyembuhan perut kembung.

Pakai Essential Oil

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa yang pertama adalah menggunakan essential oil. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), essential oil bisa digunakan untuk mengobati perut kembung, sakit perut, atau masalah pada sistem pencernaan yang lain. Namun, supaya hasilnya bisa maksimal, cobalah untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan essential oil.

Baca Juga: 4 Arti nyeri perut sebelah kanan yang bisa terjadi, sebaiknya Anda kenali

Berjalan

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa yang kedua adalah dengan berjalan. Aktivitas fisik tersebut dapat menstimulasi gerakan usus. Akibatnya, gas dan feses yang menyebabkan perut kembung dapat keluar dengan lebih mudah.

Hindari Mengunyah Permen Karet

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa yang ketiga adalah jangan mengunyah permen karet. Jenis gula yang terkandung dalam permen tersebut dapat menambah jumlah gas. Selain itu, mengunyah permen karet juga meningkatkan jumlah udara yang masuk ke saluran pencernaan.

Konsumsi Probiotik

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa yang ketiga adalah konsumsi probiotik. Medical News Today merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi probiotik supaya perut kembung bisa sembuh. Jenis nutrisi itu baik untuk bakteri dalam usus sehingga produksi gas dapat berkurang. Selain dalam bentuk suplemen, probiotik juga bisa Anda temukan dalam yogurt atay makanan fermentasi yang lain.

Itulah berbagai obat alami perut kembung dan cara lain mengatasi perut kembung pada orang dewasa. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru