Oatmeal sampai bayam, ini 4 makanan untuk ibu menyusui

Selasa, 28 September 2021 | 11:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Oatmeal sampai bayam, ini 4 makanan untuk ibu menyusui

ILUSTRASI. Bayam termasuk dalam makanan untuk ibu menyusui.

KONTAN.CO.ID - Anda perlu memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi selama menyusui. Bukan tanpa alasan, hal itu perlu Anda lakukan supaya energi tubuh untuk memproduksi ASI terpenuhi.

Jika tidak, produksi ASI tak bisa maksimal yang mana mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah oatmeal.

Meski belum dibuktikan secara ilmiah, oatmeal mampu meningkatkan produksi ASI. Sebab, oatmeal mengandung zat besi dan jenis nutrisi lain yang Anda butuhkan ketika menyusui.

Bayam juga termasuk jenis makanan yang dapat dimasukkan dalam menu sehat selama proses menyusui. Rutin mengonsumsi bayam juga bisa membuat bayi menjadi lebih suka mengonsumsi sayuran ketika dewasa.

Tentu saja, makanan bergizi selama menyusui tidak hanya oatmeal dan bayam. Masih banyak jenis makanan lain yang dapat Anda jadikan pilihan.

Selain melihat beberapa opsi makanan berikut, berkonsultasi dengan dokter terkait kebutuhan gizi Anda juga bisa Anda coba secara rutin:

Baca Juga: Ini yang harus diperhatikan ibu hamil ketika akan melakukan vaksinasi covid-19

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang perlu Anda konsumsi secara teratur. Melansir The Everymom, kandungan dalam jahe mampu meningkatkan jumlah ASI yang Anda produksi.

Anda bisa minum air rebusan jahe atau mencampur bahan alami itu pada makanan yang Anda konsumsi.

Salmon

Bagi penggemar seafood, tak ada salahnya untuk makan salmon selama menyusui. Ada banyak nutrisi penting dalam salmon yang berpengaruh baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Mulai dari asam lemak omega-3, DHA hingga vitamin B12.

Namun, pastikan untuk mengolah salmon dengan cara yang sehat, ya. Pastikan Anda memasaknya hingga benar-benar matang.

Mengonsumsi salmon setengah matang atau dalam keadaan mentah justru berisiko mengakibatkan infeksi bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Baca Juga: Tanpa operasi, ini 6 cara mengencangkan payudara secara alami

Bawang putih

Apabila Anda mencari makanan untuk ibu menyusui, bawang putih dapat Anda jadikan opsi.

Meski memiliki aroma yang cukup menyengat, tapi bawang putih termasuk dalam makanan untuk ibu menyusui. Sama seperti bahan alami yang lain, kandungan dalam bawang putih dapat menambah ASI yang Anda hasilkan.

Wortel

The Everymom merekomendasikan wortel sebagai makanan untuk ibu menyusui yang bisa Anda jadikan opsi. Beta karoten yang terdapat dalam wortel adalah jenis antioksidan yang mampu berubah jadi vitamin A.

Artinya, rutin makan wortel baik untuk sistem imun, indra penglihatan, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda gunakan sebagai menu sehat selama menyusui. Selain mengonsumsinya secara teratur, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat yang lain, ya. Misalnya, banyak minum air putih, rajin olahraga.

Selanjutnya: 15 Tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru