Ini yang harus diperhatikan ibu hamil ketika akan melakukan vaksinasi covid-19

Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:10 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Ini yang harus diperhatikan ibu hamil ketika akan melakukan vaksinasi covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus memperluas jangkauan vaksin Covid-19 untuk mencapai target keseluruhan. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya Indonesia untuk bangkit dari pandemi.

Jika sebelumnya, vaksin diperuntukkan bagi lansia dan pra lansia, kini vaksin juga sudah diberikan pada anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun. Kementerian Kesehatan juga telah memperluas cakupan program vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui.

Langkah tersebut diambil pemerintah untuk menekan angka risiko penularan dan kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil, karena ibu hamil termasuk dalam kelompok rentan yang harus dilindungi.

Dr Robby Hermawan, salah satu Dokter Spesialis Kandungan di RSU dr Suyadi Lamongan mengatakan, vaksinasi boleh dilakukan kepada ibu hamil dengan usia kandungan tidak kurang dari 13 minggu, atau idealnya adalah 13 minggu-33 minggu. "Dan jenis vaksin yang diberikan adalah Sincovac, Pfizer, dan Moderna," kata Robby saat dihubungi kontan.co.id, Kamis (26/8).

Baca Juga: Macam-macam vaksin Covid-19 yang dapat izin BPOM & efek samping

Robby menjelaskan, meski vaksin Covid-19 sudah dinyatakan aman untuk digunakan ibu hamil, namun tidak semua ibu hamil bisa menerima vaksin. Sama seperti kelompok yang lain, vaksin Covid-19 hanya bisa diberikan kepada ibu hamil yang memenuhi syarat, seperti tekanan darah normal, tidak sedang menjalani pengobatan dan jika memiliki komorbid harus dalam kondisi terkontrol, selain itu tidak punya gejala atau keluhan pre eklampsia.

Menurut Robby, sebetulnya boleh saja langsung melakukan vaksinasi dan tidak perlu mengecek terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan apabila usia kandungan sudah di atas 13 minggu, dan telah memenuhi syarat. "Namun jika ibu hamil khawatir, bisa cek terlebih dahulu ke dokter kandungan," ujar Robby.

Selain itu, kata Robby yang harus dipersiapkan ibu hamil jika akan melakukan vaksinasi, yaitu pastikan dalam keadaan sehat dan fit, tidak ada batuk, pilek dan juga demam, tidur cukup dan banyak beristirahat, serta makan makanan berigi seimbang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Ingin mendapatkan suntikan vaksin Moderna? Simak 3 syarat khususnya

 

Editor: Handoyo .
Terbaru