kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nyeri perut kanan bawah bisa terjadi karena 5 hal ini


Kamis, 19 Agustus 2021 / 10:43 WIB
Nyeri perut kanan bawah bisa terjadi karena 5 hal ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak organ yang terdapat di bagian perut. Karena itu, nyeri perut kanan bawah juga bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Jika sakit perut tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Apalagi jika Anda mengalami gejala lain yang mengganggu kesehatan. Mulai dari demam, tubuh menggigil, mual, muntah, pusing, diare, hingga buang air besar bercampur darah. Bisa saja gejala-gejala tersebut menandakan masalah kesehatan yang serius.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tidak semua sakit perut disebabkan karena gangguan parah. Bisa saja sakit perut Anda terjadi karena sembelit atau penumpukan gas berlebih di saluran pencernaan. Tak berhenti sampai di situ, beberapa faktor di bawah ini juga bisa menyebabkan sakit perut.

Gangguan Pada Sistem Reproduksi

Bagi wanita, nyeri perut kanan bawah bisa terjadi karena adanya gangguan pada sistem reproduksi. Jika kondisi itu sering Anda alami, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya. Terlebih jika ada gangguan pada siklus menstruasi Anda.

Baca Juga: Gejala-Gejala yang Terjadi Jika Anda Menderita Penyakit Usus Buntu

Radang Usus Buntu

Melansir Buoyhealth.com, usus buntu yang meradang dapat menimbulkan sakit perut. Masalah kesehatan itu bisa dialami oleh siapa saja. Jadi, Anda perlu mewaspadai gejala radang usus buntu. Jika terlambat ditangani, peradangan bisa semakin parah hingga membuat usus buntu pecah.

Infeksi Saluran Kemih

Faktor lain yang bisa jadi penyebab nyeri perut kanan bawah adalah infeksi saluran kemih. Biasanya, masalah itu terjadi karena infeksi bakteri. Ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra memiliki risiko infeksi yang sama. Usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan supaya infeksi tak terjadi.

Kehamilan

Nyeri perut kanan bawah bisa terjadi sebagai tanda kehamilan.

Tahukah Anda bahwa nyeri perut juga bisa terjadi sebagai ciri-ciri hamil? Umumnya, muncul gejala kehamilan lain yang bisa Anda alami. Mulai dari siklus menstruasi yang tidak terjadi, kelelahan dan keinginan untuk tidur meningkat, mual, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Susah Buang Angin? Bisa Jadi itu Gejala Usus Buntu

Radang Panggul

Radang panggul jadi faktor lain yang bisa menyebabkan sakit perut di bagian kanan bawah. Kondisi itu terjadi karena infeksi bakteri di sistem reproduksi wanita. Penyakit seksual menular yang tak teratasi dengan baik biasanya memicu kemunculan radang panggul.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan masalah tersebut. Selain sakit perut, ada gejala radang panggul lain yang dapat Anda alami. Mulai dari demam, pendarahan saat buang air kecil, dan keputihan yang berbau tidak sedap.

Selanjutnya: Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×