kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,51   -30,21   -3.13%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nyeri Dada Tengah Bisa Terjadi Karena 5 Faktor Ini, lho


Sabtu, 25 Desember 2021 / 08:10 WIB
Nyeri Dada Tengah Bisa Terjadi Karena 5 Faktor Ini, lho


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, nyeri dada tengah Anda rasakan karena masalah di jantung. Namun, hal itu tidak jadi satu-satunya faktor, lho. Masih banyak hal lain yang melatarbelakangi munculnya rasa nyeri di bagian dada.

Mengutip Web MD (webmd.com), salah satu faktor yang berpotensi membuat dada Anda terasa sakit adalah gangguan kecemasan dan serangan panik. Selain nyeri dada, masih ada gejala lain yang mungkin Anda alami.

Mulai dari pusing, sesak napas, tangan bergetar, detak jantung tak beraturan, dan lain-lain. Jika kondisi-kondisi itu Anda alami, usahakan untuk segera ke dokter, ya. Dengan begitu, serangan panik, gangguan kecemasan, dan beberapa faktor di bawah ini dapat teratasi dengan baik.

Pankreatitis

Pankreatitis peradangan yang terjadi di pankreas Anda. Biasanya, nyeri dada muncul secara tiba-tiba. Nyeri dada semakin terasa saat Anda membungkukkan badan atau berbaring. Usahakan untuk langsung mengonsultasikannya ke dokter supaya rasa sakit tidak bertambah parah.

Baca Juga: Anda wajib wapada, ini 5 bahaya asam lambung

GERD

Nyeri dada tengah bisa terjadi karena GERD.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu penyakit di saluran pencernaan. GERD terjadi karena katup yang membatasi lambung dan saluran pencernaan atas tidak bekerja dengan semestinya. Akibatnya, asam lambung pun naik hingga ke mulut.

Web MD menyebutkan bahwa masalah itu bisa menimbulkan heartburn yang membuat dada terasa nyeri. Anda juga merasakan rasa pahit di mulut Anda. Supaya GERD tak bertambah parah, ada beberapa hal yang perlu Anda coba. Misalnya, menghindari makanan pedas atau makanan berlemak.

Asma

Bukan lagi jadi rahasia bila asma membuat Anda mengalami nyeri dada tengah. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala asma lain yang dapat Anda alami. Mulai dari sesak napas, mengi, batuk, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Asam lambung naik lagi? Ini bahan alami yang efektif mengatasi asam lambung

Pleuritis

Penyebab nyeri dada tengah yang lainnya adalah pleuritis atau peradangan di selaput pembungkus paru-paru. Ada banyak faktor risiko yang memicu pleuritis. Misalnya, infeksi bakteri atau virus, penyakit lupus, pertumbuhan sel kanker, dan lain-lain.

Serangan Jantung

Serangan jantung bisa membuat Anda mengalami nyeri dada tengah.

Seperti yang telah disebutkan, serangan jantung adalah salah satu faktor yang membuat dada Anda terasa sakit. Serangan jantung terjadi karena aliran darah menuju organ itu tiba-tiba berhenti. Akibatnya, dinding jantung Anda tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Selanjutnya: 4 Makanan untuk penderita asam lambung yang wajib Anda lirik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×