Nyeri dada sebelah kanan? Bisa jadi karena 4 hal ini

Selasa, 27 Juli 2021 | 12:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Nyeri dada sebelah kanan? Bisa jadi karena 4 hal ini

ILUSTRASI. Nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Tribun Jateng/ Hermawan Handaka.

KONTAN.CO.ID - Nyeri dada sebelah kanan bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi itu bisa terjadi karena berbagai macam faktor, entah karena faktor ringan atau faktor lain yang lebih serius.

Supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Mengutip dari laman US News, tidak semua nyeri dada disebabkan masalah di bagian sekitar dada. Sebagai contoh, Anda bisa mengalami masalah di sekitar pundak, tapi rasa sakit menjalar hingga bagian dada.

Maka dari itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa kondisi Anda. Nantinya, perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan penyababnya.

GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup antara lambung dan kerongkongan melemah. Akibatnya, asam lambung naik ke saluran pencernaan atas.

Selain menyebabkan nyeri dada sebelah kanan, GERD juga ditandai dengan batuk dan muncul rasa pahit di mulut.

Baca Juga: Catat, inilah 4 gejala penyakit asma yang bisa muncul

Serangan kecemasan

Serangan kecemasan atau anxiety attack juga bisa jadi penyebab nyeri dada, lo. US News menyebutkan bahwa kondisi itu terjadi saat Anda merasa terlalu stres dan cemas.

Tidak hanya nyeri dada, masih banyak gejala lain yang Anda alami saat serangan kecemasan datang. Misalnya, Anda mengalami sesak napas, mual, sakit perut, denyut jantung meningkat.

Biasanya, kondisi itu terjadi selama 10 hingga 30 menit. Supaya kondisi kesehatan tak memburuk, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 4 Penyebab nyeri dada sebelah kiri, kenali

Kanker paru-paru

Nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh kanker paru-paru.

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa terjadi akibat kanker paru-paru. Umumnya, Anda juga menjadi lebih sering batuk, merasa lebih lelah, dan berat badan turun tanpa ada alasan pasti.

Jika gejala-gejala itu Anda alami, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Pneumonia

Pneumonia jadi faktor lain yang dapat menyebabkan nyeri dada. Tak hanya menyerang paru-paru sebelah kanan, infeksi juga bisa terjadi di kedua bagian paru-paru.

Jadi, rasa sakit pun bisa Anda rasakan di kedua bagian dada. Selain itu, pneumonia ditandai pula dengan batuk, demam, dan nyeri yang semakin terasa saat Anda batuk.

Selanjutnya: Penjelasan mengapa kolesterol tinggi sebabkan penyakit jantung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru