Produk dan Layanan

Nutrisi pasien corona, kunci RSUP Sanglah Denpasar sembuhkan pasien COVID-19

Rabu, 17 Juni 2020 | 15:39 WIB Sumber: Kompas.com
Nutrisi pasien corona, kunci RSUP Sanglah Denpasar sembuhkan pasien COVID-19

ILUSTRASI. Paramedis mempersiapkan ruang isolasi bertekanan negatif khusus pasien COVID-19 di Ciputra Hospital Citra Garden City, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Ciputra Group melalui Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta dan Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang m

KONTAN.CO.ID - Denpasar. Banyak pasien positif virus corona sudah sembuh, meskipun sejauh ini belum ada obat pastinya. Bagaimana penyembuhan pasien positif virus corona bisa terjadi? Salah satu kuncinya adalah nutrisi pasien corona.

Ternyata kesembuhan itu juga didukung asupan makanan dan gizi yang didapatkan pasien. Berkaca dari kasus yang selama ini terjadi, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar telah menangani109 pasien positif virus corona / Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 64 orang dinyatakan sembuh karena dukungan nutrisi pasien corona.

Kepala Instalasi Gizi RSUP Sanglah Denpasar, Ni Wayan Rapiasih mengatakan, asupan gizi yang baik dapat membantu pasien sembuh dari Covid-19."Terkait Covid-19 yang disebabkan virus, kami mendukung pasien dan memberikan ekstra (makanan) khusus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mungkin juga membantu mengurangi atau menekan aktivitas dari virus itu sendiri," kata Rapiasih dalam rekaman video yang diterima Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Lelang mobil Avanza, harga mulai Rp 65 juta

Nutrisi pasien corona di RSUP Sanglah Denpasar berupa makanan tinggi kalori dan protein kepada pasien yang terpapar Covid-19. Setiap hari, pasien mendapatkan makanan dengan jumlah kalori sekitar 2.700 dan protein sebanyak 125 gram.

Makanan yang berisi dua lauk hewani, lauk nabati, sayuran, dan buah-buahan, itu diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari. Kemudian untuk makanan tambahannya, RSUP Sanglah memberikan minuman khusus yang disebut 'minuman covid'. Minuman itu terbuat dari jahe, jeruk lemon, dan daun sirih.

Nutrisi pasien corona lainnya adalah berupa dua botol minuman sehari. Pasien juga mendapatkan tambahan telur dan susu untuk memenuhi asupan protein dan kalori.

Selain itu, nutrisi pasien corona lainnya berupa 'sup covid' untuk memenuhi asupan serat yang cukup. Sayuran dan berbagai bumbu seperti bawang putih, jahe, adas bintang, dan minyak kelapa murni, merupakan bahan dari sup tersebut.

Baca juga: Kenaikan harga tiket kereta api jarak jauh diprotes warganet, ini jawaban KAI

"Itu yang kami tambahkan karena semuanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Mudah-mudahan dengan memberikan support nutrisi seperti ini pasien cepat sembuh," kata dia.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru