Nilai Kolesterol Normal Wanita & Pria, Cek Ciri-Ciri Kolesterol Naik Menurut Kulit

Selasa, 17 Januari 2023 | 04:50 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Nilai Kolesterol Normal Wanita & Pria, Cek Ciri-Ciri Kolesterol Naik Menurut Kulit


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa nilai kolesterol normal wanita dan pria? Lalu apa saja ciri-ciri kolesterol naik?

Nilai kolesterol normal untuk pria dan wanita adalah hal penting yang perlu diketahui saat ini. Di tengah gaya hidup tidak sehat, banyak orang mengalami kolesterol tinggi.

Mengetahui nilai kolesterol normal pada wanita dan pria penting agar bisa melakukan tindakan jika kolesterol berada di level tinggi. Kolesterol tinggi harus diturunkan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung.

Selain itu, setiap orang perlu mengetahui ciri-ciri kolesterol naik. Ciri-ciri kolesterol naik bisa dilihat berdasarkan kondisi kulit.

Nilai kolesterol normal

Mengutip keterangan di website resmi Siloam Hospital, nilai kolesterol normal dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Selain itu, nilai kolesterol normal wanita dan pria juga bisa diukur berdasarkan jenis kolesterol itu sendiri.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Baca Juga: Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Nilai Kolesterol Normal Wanita-Pria

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut nilai kolesterol normal berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi Nilai HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Nilai kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila Nilai HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sehingga, Anda disarankan menjaga nilai kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Sementara, batas tinggi Nilai trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum Nilai kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila nilai kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Nilai kolesterol normal seseorang tentunya berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga karena faktor keturunan. Sebelum melakukan tes kolesterol, Anda diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam.

Nilai kolesterol normal wanita dan pria

Berikut nilai kolesterol normal pada pria dan wanita berdasarkan usia

1. Nilai Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Nilai kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan nilai LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Nilai Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Nilai kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Nilai Kolesterol Normal pria Usia Dibawah 19 Tahun

Nilai kolesterol normal pria dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan Nilai LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

 4. Nilai Kolesterol Normal pria usia 20 Tahun dan Diatasnya

Nilai kolesterol normal pria usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

 

Ciri-ciri kolesterol naik berdasarkan kondisi kulit

Mengutip Kompas.com, ciri-ciri kolesterol naik bisa dilihat berdasarkan kondisi kaki. Healthline menyatakan kolesterol dan kesehatan kulit ternyata saling berkaitan karena senyawa ini mengalir di dalam darah.

Salah satunya adalah menyebabkan emboli kolesterol atau pecahnya kristal plak kolesterol yang membuat arteri atau pembuluh darah tersumbat. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri kolesterol naik tinggi yang terlihat pada kulit.

Berikut ciri-ciri kolesterol naik tinggi berdasarkan kondisi kulit:

1. Psoriasis

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi berdasarkan kondisi kulit yang pertama adalah mengalami psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit yang meradang, sehingga timbul bercak menonjol, gatal, dan memerah karena pergantian sel kulit yang begitu cepat.

Psoriasis yang termasuk gangguan autoimun kronis yang menimbulkan respons peradangan pada tubuh. Tak hanya itu, psoriasis sebaiknya tidak dibiarkan karena turut memengaruhi pembuluh darah hingga menyebabkan penongkatan risiko penyakit jantung.

2. Xanthoma

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi berdasarkan kondisi kulit yang kedua adalah terjadinya xanthoma. Xanthoma adalah timbunan lemak yang memengaruhi tendon, kulit, termasuk jaringan di bawah kulit. 

Kondisi tersebut dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Verrucous xanthoma: xanthoma yang bentuknya mirip kutil, tetapi berada di alat kelamin atau lapisan di dalam mulut
  • Eruptive xanthoma: zanthoma yang menimbulkan benjolan atau ruam yang isinya timbunan lemak kolesterol
  • Tuberous xanthoma: benjolan yang sering ditemukan pada pantat, jari, siku, maupun lutut.
  • Planar xanthoma: munculnya bercak menonjol pada kulit.

3. Emboli kolesterol

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi berdasarkan kondisi kulit yang ketiga adalah mengalami emboli kolesterol. Emboli koletserol terjadi apabila kristal dari kolesterol dan zat lain terlepas dari plak di salah satu arteri.

Hal tersebut bisa bergerak melalui sistem peredaran darah sebelum masuk ke arteri atau pembuluh darah yang lebih kecil. Emboli kolesterol juga berisiko menyebabkan gangguan lain, seperti borok kaki hingga perubahan warna kulit.

4. Livedo reticularis

Ciri-ciri kolesterol naik tinggi berdasarkan kondisi kulit yang keempat adalah terjadinya livedo reticularis. Livedo reticularis menyebabkan bintik merah kebiruan muncul pada kulit, tetapi memiliki pola seperti jaring.

Kondisi tersebut biasanya timbul pada kaki bagian bawah jari kaki, paha, termasuk pantat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan livedo reticularis, salah satunya adalah emboli kolesterol. Orang yang mengalami livedo reticularis disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila kulitnya menjadi biru kehitaman atau hitam dan kondisi ini tidak kunjung hilang.

 

Itulah nilai kolesterol normal pada wanita dan pria sesuai usia. Waspadai ciri-ciri kolesterol berdasarkan kondisi kulit di atas. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru