Penyakit Menular

New normal di depan mata, IDI: Tak ada tawar menawar lagi

Senin, 01 Juni 2020 | 06:33 WIB Sumber: Kompas.com
New normal di depan mata, IDI: Tak ada tawar menawar lagi

ILUSTRASI. Ketua IDI Daeng M Faqih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih menegaskan, seluruh pihak harus mempersiapkan diri untuk menyambut fase new normal atau kenormalan baru dalam kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

"Tidak ada tawar menawar lagi siap atau tidak siap. Tapi kita harus mempersiapkan diri," kata Daeng dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Baca Juga: Masih dalam pandemi corona, ini anjuran belajar untuk anak oleh ikatan dokter anak

Ia mengatakan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah memprediksi bahwa pandemi Covid-19 akan berlangsung lama. Oleh karena itu, seluruh aspek kehidupan umat manusia harus dapat beradaptasi dengan kenormalan baru tersebut.

Baca Juga: IDI: New normal bisa diterapkan bertahap di zona hijau Covid-19

"Tidak mungkin sendi kehidupan kita dikunci sekian lama. Kalau dikunci sekian lama seluruh aspek kehidupan kita, sosial dan lain-lain, berat bagi bangsa kita," kata dia.
Baik pemerintah maupun masyarakat, ia menegaskan, harus sama-sama mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Terlebih, hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk menyembuhkan serta mengendalikan laju penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Angka positif corona di Jatim melonjak, inilah langkah yang diambil Khofifah

"Kalau tidak patuh atau disiplin, maka pasti akan beresiko tertular. Sebelum vaksin keluar, disiplin protokol itu pasti," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang New Normal, IDI: Tidak Ada Tawar Menawar Lagi..."
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Bayu Galih

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru