kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih dalam pandemi corona, ini anjuran belajar untuk anak oleh ikatan dokter anak


Minggu, 31 Mei 2020 / 13:45 WIB
Masih dalam pandemi corona, ini anjuran belajar untuk anak oleh ikatan dokter anak
ILUSTRASI. Seorang anak menyimak pembelajaran yang disiarkan melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) di Kelurahan Gladak Anyar, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 720 episode untuk penayangan B


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak bisa dipungkiri, banyak orangtua kebingungan terhadap nasib pendidikan anak mereka saat pademi virus corona atau covid-19. Pemerintah telah mengumumkan sekolah dari rumah guna menghindari penularan virus kepada anak-anak.

Melihat kondisi ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan anjuran menjelang akhir masa tanggap darurat diberlakukan. IDAI membuat anjuran agar ada solusi atas penyelenggaraan pendidikan anak usia dini serta anak usia sekolah dan remaja.

Baca Juga: Gubernur Banten: PSBB tahap ketiga adalah awal sebelum pemberlakuan new nomal

IDAI menyatakan, hak anak untuk belajar wajib dipenuhi semua pihak. Pendidikan sudah menjadi kebutuhan dasar tumbuh kembang yang dapat mengasah kemampuan dan kecerdasan anak agar mampu memahami berbagai pengalaman, menambah pengetahuan, serta membentuk perilaku dan kebiasaan baik yang bermanfaat bagi dirinya saat ini dan di masa dewasa.

Namun demikian kegiatan sekolah dilakukan tatap muka dalam jarak dekat. Sementara, dalam kondisi saat ini, pembatasan fisik merupakan syarat penting dalam upaya pencegahan penularan penyakit. 

Dengan demikian, pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat berisiko menimbulkan lonjakan jumlah kasus baru.

Baca Juga: IDI: New normal bisa diterapkan bertahap di zona hijau Covid-19

“Dengan memperhatikan jumlah kasus konfirmasi COVID-19 yang masih terus bertambah, mulai melonggarnya PSBB, kemungkinan terjadi lonjakan jumlah kasus kedua, dan masih sulitnya menerapkan pencegahan infeksi pada anak-anak,” kata Ketua Umum IDAI, Pulungan dalam keterangannya, Minggu (31/5).

Melihat kondisi ini, IDAI menganggap perlu memberikan anjuran mengenai kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Berikut isi anjurannya:
1. IDAI mendukung dan mengapresiasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadikan rumah sebagai sekolah dan melibatkan peran aktif siswa, guru dan orang tua dalam proses belajar mengajar.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×