Muncul Varian Baru Covid-19 AY.4.2, Tetap Prokes dan Jangan Khawatir Berlebihan

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:50 WIB   Reporter: Anastasia Lilin Y
Muncul Varian Baru Covid-19 AY.4.2, Tetap Prokes dan Jangan Khawatir Berlebihan

ILUSTRASI. Pemerintah meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan terhadap varian baru Covid-19 yakni AY.4.2 karena masih diteliti. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Vaksinasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona lewat penerapan protokol kesehatan 3M atau 5M, terus berjalan. Namun belakangan, muncul varian baru Covid-19 yakni AY.4.2. Pemerintah meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan.

Varian baru Covid-19 yang bernama AY.4.2. dianggap mengkhawatirkan jika tidak segera dicegah. Namun Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berharap masyarakat tidak panik karena penelitian terhadap varian tersebut masih berlangsung. 

AY.4.2. sejatinya bukan varian baru. Varian itu adalah bagian dari Varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan. Jenis Varian A.Y dari mutasi Delta ukup beragam yaitu mulai dari AY.1 hingga AY.28.

Baca Juga: Mempersiapkan sistem kerja dari kantor setelah PPKM makin longgar

Sejauh ini, belum bisa diambil kesimpulan terkait karakteristik khusus yang dimiliki AY.4.2. "Oleh karena itu, kita belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis Varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala maupun vaksinasi karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung," kata Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers yang juga disiarkan secara daring. 

Pemerintah memastikan untuk memaksimalkan strategi yang sudah ditetapkan yaitu karantina perjalanan, 3M, 3T dan vaksinasi. Tujuannya agar dapat mencegah semua jenis varian baru masuk ke Indonesia dan meminimalisasi pembentukan mutasi baru di dalam negeri.

Sementara itu mengacu pada data Satgas Covid-19 hingga Jumat (29/10), terdapat tambahan 683 kasus baru infeksi Virus Corona di Indonesia. Total kasus positif menjadi 4.243.215.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 29 Oktober: Ada penambahan vaksinasi 2,03 juta dosis

Jumlah kesembukan bertambah 681 orang sehingga total menjadi 4.087.440 orang. Sementara jumlah kematian akibat Virus Corona bertambah 28 orang sehingga total menjadi 143.361 orang.

Adapun jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia mencapai 246 juta. Sebanyak 4,98 juta orang meninggal dunia karena Virus Corona.

Semua lapisan masyarakat wajib selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau yang diperluas menjadi 5M. Penting pula mengimplementasikan 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: 3 Hal ini bisa picu kasus COVID-19 di Indonesia meroket lagi, waspada!

 

 

Editor: Anastasia Lilin Yuliantina
Terbaru