Mulut terasa pahit bisa Anda alami karena 4 hal ini

Jumat, 05 November 2021 | 14:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mulut terasa pahit bisa Anda alami karena 4 hal ini

ILUSTRASI. Mulut terasa pahit bisa terjadi karena banyak hal. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.


KONTAN.CO.ID - Mulut terasa pahit bisa dialami oleh semua orang. Ada banyak faktor mengapa kondisi itu terjadi. Mulai dari faktor ringan hingga faktor lain yang serius.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menjadi lebih mudah dalam menentukan perawatan yang tepat. Hanya biasanya, rasa pahit di mulut bisa hilang dengan sendirinya.

Namun, bila rasa pahit terus Anda alami dalam jangka waktu lama, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi kondisi muncul karena ada masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Di bawah ini, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa pahit. Semakin cepat Anda mengatasinya, semakin rendah pula kumunculan masalah kesehatan yang lain. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda bisa terus terjaga.

Hamil

Hamil termasuk salah satu penyebab mulut terasa pahit. Mengutip dari Tuasaude, perubahan hormonlah yang membuat Anda mengalami hal tersebut.

Anda tidak perlu khawatir karena rasa pahit akan berkurang dalam waktu beberapa hari.

Baca Juga: Kenali 10 penyebab lidah terasa pahit

GERD

GERD menyebabkan mulut terasa pahit.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana katup antara lambung dan saluran pencernaan atas longgar. Hal itu membuat asam lambung naik yang mana membuat mulut terasa pahit.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, hindari makanan pedas, berlemak, dan berasa asam karena bisa memperparah GERD. Kedua, biasakan maka dengan jadwal yang teratur supaya asam lambung lebih terkontrol.

Kebersihan gigi dan mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga memicu munculnya rasa pahit di mulut. Apalagi, saat Anda baru bangun tidur. Kondisi terjadi karena penumpukan air ludah dalam mulut. Bakteri juga bisa memperparah rasa pahit yang Anda alami.

Baca Juga: 4 bahan alami ini bisa menjadi obat radang gusi

Infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan bisa jadi salah satu penyebab mulut terasa pahit.

Tuasaude mengatakan, infeksi saluran pernapasan bisa jadi penyebab munculnya rasa pahit di mulut Anda. Apalagi, jika bakterilah yang jadi penyebabnya, mulai dari pilek, sinusitis, dan radang amandel.

Ada beberapa hal yang bisa Anda coba supaya infeksi dan rasa pahit tak bertambah parah. Pertama, usahakan untuk minum 2 liter atau delapan gelas air putih per hari.

Selanjutnya, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter supaya infeksi saluran pernapasan tak menyerang bagian tubuh yang lain.

Selanjutnya: Gampang banget, 4 cara mengobati sariawan ini layak Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru