kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gampang banget, 4 cara mengobati sariawan ini layak Anda coba


Selasa, 02 November 2021 / 15:54 WIB
Gampang banget, 4 cara mengobati sariawan ini layak Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sariawan memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bukan berarti cara mengobati sariawan tidak perlu Anda lakukan. Beberapa hal sebaiknya Anda coba supaya proses penyembuhan sariawan bisa berjalan dengan lebih cepat.

Sebelum mengenal obat sariawan apa saja yang bisa Anda gunakan, sebaiknya Anda mengetahui faktor penyebab sariawan apa saja yang dapat Anda alami. Sariawan bisa muncul karena bagian dalam mulut tergigit, tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu, dan lain sebagainya.

Nah, di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa cara yang bisa Anda jadikan pilihan. Apabila sariawan tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter, ya. Nantinya, Anda bisa mendapat saran pengobatan yang sesuai.

Pakai obat kumur antiseptik

Ada banyak obat kumur antiseptik yang bisa Anda temukan di pasaran. Nah, membersihkan mulut dengan obat kumur tersebut bisa menurunkan risiko infeksi bakteri. Dengan begitu, sariawan menjadi lebih cepat sembuh.

Jika Anda tidak ingin memakai obat kumur yang dijual di pasaran, Everyday Health merekomendasikan obat kumur yang bisa Anda buat sendiri. Pertama, campur hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan yang sama. Kemudian, gunakan air tersebut untuk berkumur.

Baca Juga: Kenali 10 penyebab lidah terasa pahit

Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Sariawan bisa muncul karena tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Maka dari itu, cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah asupan vitamin dan mineral.

Biasanya, jenis vitamin yang Anda butuhkan untuk menyembuhkan sariawan adalah vitamin B12. Anda bisa mendapat jenis vitamin itu dari bahan alami atau suplemen. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen, pastikan untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: Baik untuk kesehatan Anda, kenali 6 manfaat nanas ini

Manfaatkan es batu

Es batu berguna sebagai cara mengobati sariawan.

Cara mengobati sariawan lainnya adalah dengan mengisap es batu. Tujuannya, supaya inflamasi akibat sariawan dapat berkurang. Dengan begitu, rasa sakit akibat sariawan pun menurun sehingga proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Pakai lidah buaya

Cara mengobati sariawan dapat dilakukan dengan lidah buaya.

Selain es batu, Everyday Health juga merekomendasikan lidah buaya sebagai obat sariawan. Antiinflamasi dalam lidah buaya bisa mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang muncul karena sariawan.

Selanjutnya: Bahannya mudah didapat, ini obat sariawan alami yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×