kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Mulai Batasi, Ini Jumlah Kalori Gorengan Tahu, Tempe, Bakwan, hingga French Fries


Kamis, 10 Agustus 2023 / 16:51 WIB
Mulai Batasi, Ini Jumlah Kalori Gorengan Tahu, Tempe, Bakwan, hingga French Fries
ILUSTRASI. Mulai Batasi, Ini Jumlah Kalori Gorengan Tahu, Tempe, Bakwan, hingga French Fries


Penulis: Bimo Kresnomurti

Kalori Gorengan Tahu, Tempe, Bakwan, - JAKARTA. Simak jumlah kalori gorengan tahu, tempe, bakwan, hingga french fries. Makanan ini mudah ditemui di Indonesia sebagai salah satu pilihan lauk yang murah.

Gorengan umumnya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi daripada makanan yang dimasak dengan cara lain. Hal ini dikarenakan proses penggorengan mengakibatkan penyerapan minyak. 

Terlebih lagi, beberapa penggunaan minyak goreng yang baik tidak digunakan berulang kali. Sehingga, ini juga menjadi faktor keberagaman jumlah kalori dalam sebuah gorengan.

Bahkan, di Indonesia gorengan juga identik dengan tambahan tepung terigu untuk menambah rasa renyah.

Baca Juga: 5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Jumlah kalori gorengan tahu

Hal tersebut turut berkontribusi pada peningkatan jumlah kalori dari gorengan seperti tahu, tempe, bakwan hingga french fries.

Jumlah Kalori gorengan tahu, bakwan, tempe, hingga french fries

Berikut adalah perkiraan jumlah kalori untuk beberapa jenis gorengan secara umum:

1. Jumlah kalori gorengan tahu berukuran sedang bisa mencapai 80-100 kalori. Tahu yang digoreng memiliki kandungan lemak dan kalori lebih tinggi daripada tahu yang dimasak dengan cara lain.

2. Jumlah kalori gorengan tempe berukuran sedang mengandung sekitar 120-150 kalori. Tempe yang digoreng umumnya memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi daripada tempe yang dimasak seperti bacem kecap.

3. Jumlah kalori gorengan bakwan berukuran sedang bisa mencapai 80 kalori. Tentu, ini bergantung dari isi dan kandungan tepung di dalamnya. Bakwan dasarnya merupakan makanan ringan yang umumnya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada tahu atau tempe goreng.

4. Jumlah kalori gorengan lain seperti French Fries tercatat bisa mengandung 200-300 kalori. French fries adalah variasi dari kentang goreng dan memiliki kandungan kalori yang serupa.

Perlu diingat bahwa jumlah kalori dalam gorengan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran potongan, jumlah minyak yang digunakan saat penggorengan, dan bahan-bahan pelengkap seperti saus atau bumbu.

Kandungan gizi gorengan dengan tepung

Simak juga apa saja kandungan yang ada pada sebuah gorengan tepung.

  • Karbohidrat: Gorengan tepung umumnya mengandung karbohidrat dalam bentuk tepung yang digunakan untuk melapisi makanan sebelum digoreng. Karbohidrat adalah sumber energi yang penting bagi tubuh.
  • Lemak: Proses penggorengan memungkinkan makanan menyerap minyak, sehingga gorengan tepung cenderung mengandung lemak. Lemak tersebut dapat berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng, serta lemak alami yang terdapat dalam bahan makanan yang digoreng.
  • Protein: Beberapa bahan makanan yang digoreng, seperti daging atau ikan, mengandung protein. Namun, jumlah protein dalam gorengan tepung biasanya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan sumber protein lainnya.
  • Vitamin dan Mineral: Biasanya, gorengan tepung tidak merupakan sumber utama vitamin dan mineral. Proses penggorengan yang tinggi suhu dapat mengurangi jumlah vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahan makanan.
  • Sodium: Beberapa jenis gorengan tepung dapat mengandung tambahan garam atau bumbu yang mengandung sodium. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan kardiovaskular.

Simak informasi terkait bahaya konsumsi gorengan tepung berlebihan dilansir dari Chris Kresser berikut ini.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kalori yang Bisa Menaikkan Berat Badan dengan Sehat

Bahaya konsumsi gorengan tepung berlebihan

kalori gorengan

Tentunya, apabila Anda kerap konsumsi gorengan dengan minyak yang digunakan berulang kali ada beberapa bahaya yang mengintai.

1. Risiko kanker

Gorengan tepung biasanya dikukus dalam minyak panas, yang membuatnya kaya akan kalori. Makanan yang tinggi kalori dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan risiko obesitas.

Obesitas, pada gilirannya, meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dan berbahaya di kemudian hari.

2. Penyakit Jantung

Proses penggorengan dapat menghasilkan penyerapan minyak yang signifikan dalam makanan. Gorengan tepung cenderung tinggi lemak jenuh dan lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, konsumsi gorengan berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Malnutrisi

Meskipun gorengan tepung dapat mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan serat, proses penggorengan yang tinggi dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

Gorengan biasanya tidak mengandung vitamin, mineral, atau serat yang cukup seperti yang dapat ditemukan dalam makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, atau biji-bijian.

4. Gangguan pencernaan

Konsumsi gorengan tepung berlebihan umumnya rendah serat, yang berarti dapat mengganggu pencernaan dan tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Konsumsi makanan rendah serat dapat berkontribusi pada masalah pencernaan seperti sembelit.

5. Risiko Darah tinggi

Beberapa jenis gorengan tepung dapat mengandung tambahan garam yang tinggi. Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya mengonsumsi gorengan tepung dengan bijak dan dalam jumlah yang terbatas.

6. Kenaikan Berat Badan

Makanan gorengan tepung umumnya tinggi kalori dan lemak jenuh sehingga dapat menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh. Konsumsi gorengan tepung berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berkontribusi pada risiko obesitas.

Tentunya, obesitas akan terkait dengan masalah lain seperti perubahan postur hingga kualitas hidup termasuk penyakit degenaratif.

Penting untuk diingat bahwa kandungan dalam gorengan tepung dapat bervariasi tergantung pada jenis bahan makanan yang digunakan dan cara pengolahan yang dilakukan.

Sebaiknya memilih pilihan makanan sehat seperti sayuran rebus, panggang, atau kukus, yang lebih rendah kalori dan lemak.

Anda bisa memperhatikan variasi makanan dan memasukkan nutrisi penting lainnya seperti buah-buahan, sayuran, sumber protein tanpa lemak, dan biji-bijian ke dalam pola makan seimbang.

Demikian informasi terkait jumlah kalori gorengan tahu hingga tempe beserta bahayanya saat konsumsi berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×