HOME

Mudah dipakai, ini 4 rekomendasi masker untuk jerawat

Jumat, 05 Februari 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dipakai, ini 4 rekomendasi masker untuk jerawat

ILUSTRASI. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami sebagai masker untuk jerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masker untuk jerawat yang bisa Anda pakai, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Kandungan dalam bahan alami tersebut mampu mengatasi inflamasi dan mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat.

Selain memakai masker, ada baiknya bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat supaya kulit tak mudah berjerawat. Pertama, hindari dehidrasi dengan minum banyak air putih. Dalam kondisi kulit kering, jerawat lebih sulit sembuh dan masalah kulit lain pun muncul.

Kedua, kelola stres dengan baik agar hormon dalam tubuh bisa terkontrol. Dengan begitu, produksi minyak pun berkurang sehingga jerawat pun jarang muncul. Ketiga, jangan sembarangan memencet jerawat. Lebih baik pakai masker agar jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Lidah Buaya

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengatasi munculnya jerawat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki banyak air sehingga bisa melembabkan kulit.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat. Pastikan untuk memilih produk yang mengandung minimal 10% gel lidah buaya, ya. Tentu saja akan lebih baik jika Anda memakai gel lidah buaya asli tanpa tambahan bahan kimia.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami

Madu

Madu bisa dipakai sebagai masker untuk jerawat.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai masker untuk jerawat adalah madu. Sama seperti lidah buaya, madu mengandung antibakteri yang dapat mencegah penyebaran bakteri. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam madu bertugas untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Teh Hijau

Salah satu penyebab umum munculnya jerawat adalah produksi minyak atau sebum yang terlalu tinggi. Hal itu dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Jika Anda ingin mengurangi produksi minyak di kulit, cobalah untuk memanfaatkan teh hijau.

Katekin, salah satu jenis antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, mampu memecah bahan kimia dan zat sisa yang berbahaya untuk kesehatan sel kulit. Selain itu, teh hijau pun mampu melawan serangan bakteri penyebab jerawat dan meredakan inflamasi.

Baca Juga: 4 Bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di pipi

Minyak Kelapa

Minyak kelapa cocok dijadikan masker untuk jerawat. Sama seperti bahan-bahan alami yang lain, minyak kelapa mengandung antiinflamasi dan antibakteri sehingga proses penyembuhan jerawat bisa lebih cepat.

Caranya, oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang berjerawat lalu tunggu sampai kering. Untuk mempercepat proses penyembuhan dan agar hasilnya maksimal, lakukan cara tersebut sesering mungkin.

Selanjutnya: 3 Masker teh hijau, cocok jadi cara menghilangkan jerawat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru