Mudah Dilakukan, Ini Cara Mencegah Batu Ginjal Agar Masa Tua Tetap Bahagia

Jumat, 18 Maret 2022 | 11:15 WIB Sumber: Kompas.com
Mudah Dilakukan, Ini Cara Mencegah Batu Ginjal Agar Masa Tua Tetap Bahagia

ILUSTRASI. Sering minum air putih adalah salah satu cara mencegah batu ginjal


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyakit batu ginjal rawan terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Simak cara mencegah batu ginjal berikut ini agar Anda tidak mengalami.

Batu ginjal adalah penyakit yang sangat menganggu karena memicu rasa sakit atau nyeri yang luar biasa. Rasa sakit itu muncul karena adanya penyumbatan dan sering terjadi ketika batu berjalan melalui ureter.

Batu ginjal bisa memicu penyumbatan sehingga urin kembali ke gincal dan menyebabkan pembengkakan serta asa nyeri. Batu kecil seukuran pasir pun bisa memicu rasa sakit yang luar biasa dan harus segera diatasi.

Cara mencegah batu ginjal

Praktisi perawat bersertifikat Tiffany Loboda mengatakan bahwa batu gijal adalah endapan massa atau kristasl yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di saluran kemih. Penyakit batu ginjal seringkali ditemukan pada orang dewasa. 

Batu ginjal terjadi karena beberapa faktor seperti dehidrasi, diet, kondisi medis, efek obat atau genetika. Munculnya batu ginjal bisa memicu nyeri punggung, mual, muntah, darah dalam urin, sakit sata buang air kecil, dan tidak bisa buang air kecil.

Terkadang, batu ginjal juga bisa membuat frekuensi ingin buang air kecil meningkat. “Gejala-gejala ini biasanya terjadi ketika batu keluar dari ginjal,” kata Loboda.

Batu yang berada di dalam ginjal umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit terjadi ketika batu-batu tersebut mulai bermigrasi keluar dari ginjal dan menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga: Cukup dengan 3 Gerakan, Cara Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita

Untuk mencegah batu ginjal, Loboda menyaranan agar kita melakukan perubahan gaya hidup seperti berikut:

1. Jangan malas minum air putih

Cara pertama mencegah batu ginjal adalah sering minum air putih. Penyebab utama terbentuknya batu ginjal adalah kurangnya minum air. Karena itu, Anda harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. "Untuk mencegah batu ginjal, Anda sebaiknya minum dua hingga tiga liter air setiap hari, kecuali ada alasan medis yang melarangnya," ungkapnya.

2. Perhatikan asupan natrium

Cara kedua mencegah batu ginjal adalah mengontrol asupan natrium. Asupan natrium berlebihan bisa memicu batu ginjal dengan meningkatkan jumlah kalsium dalam urin Anda. Demi kesehatan, Anda disarankan untuk membatasi asupan natrium minimal 2000 miligram setiap hari. Karena itu, Anda harus memeriksa semua kandungan yang ada dalam makanan Anda. Baca juga: Hipertensi dan Diabetes Penyebab Utama Gangguan Ginjal di Indonesia

3. Konsumsi buah sitrus

Cara ketiga mencegah batu ginjal adalah konsumsi buah sitrus. Buah yang masuk dalam kelompok sitrus, seperti lemon, tomat, limau, dan jeruk sangat bagus untuk menjaga kadar sitrat Anda tetap tinggi. "Sitrus membantu mengikat kalsium dalam urin dan melarutkan beberapa kristal sebelum sempat berubah menjadi batu," ucap Loboda. Dengan rutin mengonsumsinya, risiko pembentukan batu ginjal bisa teratasi.

Itulah berbagai cara mencegah batu ginjal. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Ini Ampuh Cegah Pembentukan Batu Ginjal",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru