Mudah Dilakukan, 4 Olahraga Ini Bisa Menjadi Obat Alami Menurunkan Kolesterol

Kamis, 03 Februari 2022 | 13:36 WIB Sumber: Kompas.com
Mudah Dilakukan, 4 Olahraga Ini Bisa Menjadi Obat Alami Menurunkan Kolesterol

ILUSTRASI. Mudah Dilakukan, 4 Olahraga Ini Bisa Menjadi Obat Alami Menurunkan Kolesterol


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Dokter biasanya memberikan resep obat untuk menurunkan kolesterol. Selain mengandalkan obat dokter, cara menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan secara alami dengan melakukan olahraga tertentu.

Studi menemukan, olahraga tertentu bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol. Namun cara alami menurunkan kolesterol dengan olahraga ini harus dilakukan secara rutin dan tetap menjalankan pola hidup sehat.

Seperti diketahui, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yaitu kolesterok baik atau HDL dan kolestrol buruk atau LDL. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat merusak arteri. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Selain menjaga pola makan, rutin olahraga juga dinilai sebagai langkah terbaik untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ahli jantung Leslie Cho juga mengatakan bahwa olahraga adalah cara alami paling jitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. "Agar hasil lebih optimal, Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat," tambahnya.

Olahraga bekerja untuk menghilangkan kolesterol LDL lemak yang berbahaya dengan meningkatkan kolesterol HDL. Menurut American Heart Association, penyebab utama kolesterol tinggi adalah kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Baca Juga: 5 Cara Sarapan Agar Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit pada Pria dan Wanita

Dengan olahraga, berat badan bisa terkontrol dan otot di tubuh lebih banyak bergerak. American Heart Association merekomendasikan berolahraga setidaknya 30 menit lima sampai tujuh kali per minggu.

Jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol

Ada beberapa jenis olahraga yang dinilai ampuh untuk turunkan kadar kolesterol. Berikut jenis olahraga yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol tersebut:

1. Berjalan, jogging, atau berlari

Olahraga pertama yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol adalah berjalan, jogging, atau berlari. Anda bisa memilih jalan kaki, jogging, atau lari terhantung pada stamina dan kesehatan sendi.

Sebuah studi tahun 2013 membandingkan puluhan ribu pelari dan pejalan kaki dengan jumlah yang sama. Hasil riset tersebut membuktikan bahwa jalan kaki, lari, atau jogging memiliki manfaat yang sama , asalkan tingkat energi yang dikeluarkan juga sama.

2. Bersepeda

Olahraga kedua yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol adalah bersepeda. Bersepeda menghabiskan energi yang sama dengan jogging. Namun, bersepeda tidak membuat sendi bekerja terlalu keras seperti jogging.

Jika Anda mengalami nyeri sendi, Anda bisa memilih jenis olahraga ini. Dalam riset yang diterbitkan Journal of American Heart Association, terungkap bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak bersepeda.

3. Olahraga air

Olahraga ketiga yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol adalah olahraga air. Olahraga air seperti berenang, berjalan di air, dan berpartisipasi dalam permainan air, juga mampu menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, manfaatnya hampir sama seperti kita melakukan olahraga aerobik.

4. Yoga

Olahraga keempat yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol adalah yoga. Meskipun yoga umumnya merupakan latihan berintensitas rendah, penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan secara positif dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Sebuah riset 2014 menemukan bahwa mereka yang secara teratur berlatih yoga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan tekanan darah dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Itulah sejumlah olahraga yang bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol. Ingat, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat terutama mengurangi makanan yang digoreng, daging jeroan agar kolesterol mudah turun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru