5 Cara Sarapan Agar Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit pada Pria dan Wanita

Kamis, 03 Februari 2022 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
5 Cara Sarapan Agar Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit pada Pria dan Wanita


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mudah mengecilkan perut buncit pada wanita maupun pria. Selain dengan olahraga dan diet, cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria bisa dilakukan dengan menyiapkan menu sarapan tertentu.

Cara mengecilkan perut buncit bisa diatasi dengan jalan mengatur menu diet dan menerapkan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup dan rajin berolahraga. Salah satu solusi untuk mengurangi timbunan lemak pada perut buncit adalah melakukan sarapan atau makan pagi dengan benar dan tepat.

Sarapan memang tak bisa dilakukan asal-asalan jika kita tengah memiliki tujuan membentuk badan. Karena ada kesalahan-kesalahan dalam sarapan yang lazim dilakukan banyak orang, yang berimbas pada makin bertumpuknya jaringan lemak di dalam tubuh khususnya di area perut.

Lantas bagaimana aturan sarapan yang sehat dan tepat agar bisa menjadi cara untuk membantu mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria?

Baca Juga: Mau Tahu Olahraga Menurunkan Berat Badan? Coba 5 Hal Ini

Berikut ini cara sarapan yang tepat jika Anda tengah ingin menyusutkan  lemak dan mengecilkan perut buncit:

1. Lakukan pada waktu yang tepat

Cara pertama mengecilkan perut buncit dengan sarapan adalah melakukan pada waktu yang tepat. Waktu terbaik makan pagi adalah di satu jam pertama selepas Anda bangun tidur.

Melansir Times of India, kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah sarapan di waktu yang salah. Sarapan di waktu yang salah ini berpotensi menimbun kalori dan justru membuat Anda lebih mudah lapar. Waktu paling tepat untuk sarapan adalah di rentang waktu satu jam selepas bangun tidur.

Di waktu ini, asupan kalori bisa difungsikan oleh tubuh secara maksimal sebagai energi sepanjang pagi hingga siang. Sarapan di waktu yang tepat juga bisa melancarkan metabolisme dan mempercepat penyusutan lemak dan penurunan berat badan.

2. Makan protein yang cukup

Cara kedua mengecilkan perut buncit dengan sarapan adalah konsumsi protein yang cukup. Jangan hanya sarapan buah-buahan saja. Makanlah bahan makanan yang mengandung protein dalam kadar cukup.

Sarapan dengan menu rendah protein tak bisa mempertahankan rasa kenyang dalam waktu lama. Sehingga Anda akan berburu makanan sebelum tiba waktu makan siang.

3. Perbanyak juga serat

Cara ketiga mengecilkan perut buncit dengan sarapan adalah memperbanyak konsumsi serat. Idealnya, menu sarapan mengandung protein juga serat dalam takaran cukup. Serat juga bisa membantu perut kenyang lebih lama. Untuk menyusut lemak perut buncit, setidaknya Anda harus mengonsumsi serat sebanyak 8 gram setiap hari.

4. Perbanyak kalori

Cara keempat mengecilkan perut buncit dengan sarapan adalah memperbanyak kalori. Mengurangi asupan kalori untuk menyusut perut buncit adalah kesalahan. Karena menurut ahli gizi, Anda membutuhkan 350 kalori setiap hari untuk bisa mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan.

5. Jangan pernah melewatkan sarapan sesibuk apapun

Cara kelima mengecilkan perut buncit dengan sarapan adalah jangan pernah untuk tidak sarapan. Melewatkan sarapan hanya akan memperlambat metabolisme. Padahal untuk menyusut lemak perut buncit dan menurunkan berat badan tubuh membutuhkan metabolisme yang cepat. Jadi jangan pernah melewatkan sarapan sesibuk apapun Anda di pagi itu.

Itulah 5 cara melakukan sarapan yang tepat untuk membantu mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita. Jangan lupa untuk menjalankan hidup sehat dan rutin berolahraga agar semakin cepat mengecilkan perut buncit.

Selain itu, terapkan 5 cara sarapan tersebut secara rutin dan berkelanjutan agar lebih efektif membantu mengecilkan perut buncit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Sarapan yang Benar untuk Menyusut Perut Buncit",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru