kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dicoba, inilah 5 cara menghilangkan kerutan di wajah


Jumat, 25 Desember 2020 / 09:04 WIB
Mudah dicoba, inilah 5 cara menghilangkan kerutan di wajah
ILUSTRASI. Mengonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak vitamin C bisa jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain garis halus, kerutan adalah tanda penuaan lainnya yang bisa muncul di kulit Anda. Meski tak berbahaya, tapi kemunculan hal itu sering kali mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda coba.

Cukupi Waktu Tidur

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, cobalah untuk menghentikan kebiasaan itu supaya kerutan bisa hilang. Mengutip dari The Healthy (thehealthy.com), tidur adalah waktu yang digunakan kulit untuk memperbaiki sel-selnya.

Jika waktu tidur Anda tak tercukupi dalam jangka waktu lama, kulit menjadi lebih mudah berkerut dan masalah kulit lain pun lebih mudah muncul. Bila Anda memiliki kesulitan untuk tidur, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Jaga Kelembaban Kulit

Kerutan bisa muncul di tipe kulit apa saja, apalagi jika tipe kulit Anda kering. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjaga kelembaban kulit dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memakai krim atau losion pelembab setiap hari supaya munculnya kerutan bisa dicegah.

Baca Juga: Bisa mencegah kemunculan tanda penuaan, berikut manfaat timun untuk wajah

Lakukan Eksfoliasi Kulit

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga bisa Anda lakukan dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Hasilnya, bukan hanya kerutan yang hilang, tapi masalah kulit pun akan berkurang.

The Healthy mengatakan bahwa eksfoliasi juga berguna untuk meningkatkan produksi kolagen. Jadi, kerutan dan tanda penuaan lain bisa tersamarkan. Sebaiknya, lakukan physical exfoliation dan chemical exfoliation supaya kondisi kesehatan kulit tetap terjaga.

Pakai Sunscreen

Salah satu faktor yang mempercepat dan memperparah munculnya kerutan di wajah adalah paparan sinar matahari. Maka dari itu, memakai sunscreen adalah hal yang wajib Anda lakukan, baik saat melakukan kegiatan di dalam ruangan atau pun di luar ruangan.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba

Jika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen tiap beberapa jam sekali. Selain itu, pastikan untuk memakai sunscreen dengan minimal SPF 30 supaya kulit tak rusak karena efek sinar matahari.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Menghindari minuman manis bisa jadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga bisa Anda lakukan dengan memerhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari. Alih-alih mengonsumsi gula, sebaiknya konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Selanjutnya: 5 Cara efektif untuk mengencangkan kulit wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×