Mudah dicoba, inilah 4 cara menghilangkan ngorok untuk Anda

Selasa, 23 Maret 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dicoba, inilah 4 cara menghilangkan ngorok untuk Anda

ILUSTRASI. Mengubah posisi tidur jadi salah satu cara menghilangkan ngorok.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski umum dialami oleh banyak orang, tapi mendengkur atau ngorok adalah salah satu hal yang berbahaya. Tak hanya mengganggu orang lain yang tidur dengan Anda, tapi ngorok juga berpengaruh pada kesehatan. Maka dari itu, cara menghilangkan ngorok perlu Anda lakukan.

Mengutip dari Web MD (webmd.com), 75% orang yang mendengkur mengalami ibstructive sleep apnea atau gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur. Hal itu berpengaruh pada kesehatan jantung dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Sebenarnya, ada banyak obat di apotek yang bisa Anda gunakan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba cara-cara alami agar tak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Hindari Alkohol

Mengonsumsi alkohol berpengaruh pada otot di belakang tenggorokan sehingga membuat kebiasaan mengorok lebih parah. Apalagi jika Anda mengonsumsi alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur. Untuk menghilangkan kebiasaan ngorok, cobalah untuk menghindari alkohol, terlebih sebelum tidur.

Baca Juga: Ngorok dan mudah lelah? Waspada sleep apnea

Hindari Dehidrasi

Saat dehidrasi, lendir di saluran pernapasan Anda menjadi lebih kental sehingga membuat kebiasaan ngorok semakin parah. Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan ngorok adalah dengan banyak minum air putih supaya tidak dehidrasi.

Melansir Web MD, wanita sebaiknya minum 11 gelas air per hari, sedangkan pria minum 16 gelas per hari. Namun, jumlah tersebut bisa berubah sesuai dengan aktivitas dan faktor lain sesuai kondisi Anda.

Kurangi Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa jadi salah satu cara menghilangkan ngorok.

Berat badan berlebih atau obesitas jadi salah satu penyebab seseorang memiliki kebiasaan ngorok. Lemak yang tertimbun di sekitar leher mempersempit ukuran tenggorokan sehingga membuat seseorang berisiko mendengkur.

Meski demikian, tidak semua orang perlu menurunkan berat badan. Alasannya karena mendengkur juga bisa dialami oleh seseorang dengan berat badan normal atau di bawah rata-rata. Jika Anda memiliki kebiasaan ngorok, tapi tidak bisa menentukan penyebabnya, lebih baik periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Awas, tidur ngorok bisa berujung kematian

Ubah Posisi Tidur

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya yang patut Anda coba adalah mengubah posisi tidur. Alih-alih tidur terlentang, cobalah untuk tidur dalam posisi miring di salah stau sisi tubuh. Posisi itu menghindarkan getaran berlebih di bagian tenggorokan sehingga ngorok pun bisa berkurang.

Selanjutnya: Punya masalah mendengkur alias ngorok? Ini cara sederhana untuk menguranginya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru