Mudah dicoba, ini 4 cara membuat bibir merah alami

Jumat, 15 Januari 2021 | 08:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dicoba, ini 4 cara membuat bibir merah alami

ILUSTRASI. Cara membuat bibir merah alami bisa memakai madu dan bahan yang lain.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bibir hitam atau berwarna gelap sering kali mengganggu penampilan Anda. Alih-alih memakai lipstik, Anda bisa mencoba cara membuat bibir merah alami. Selain aman digunakan, hasilnya juga bisa bertahan lebih lama.

Sebelum memakai bahan alami apa yang cocok untuk dipakai, ada baiknya bagi Anda untuk memahami dulu mengapa bibir menjadi hitam. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal itu adalah karena tubuh dehidrasi.

Saat dehidrasi, kulit di bibir menjadi kering dan terkelupas sehingga meninggalkan bekas. Maka dari itu, usahakan untuk minum banyak air putih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sembari mencukupi kebutuhan cairan harian, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami supaya warna bibir lebih cerah.

Madu dan Lemon

Mengutip dari Patch (patch.com), madu memiliki sifat astringen alami sehingga mampu mencerahkan warna bibir. Sedangkan madu berguna sebagai pelembab yang membuat bibir terhidrasi dengan baik. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bibir hitam, bisa pakai bahan alami

Pertama, campurkan air lemon dan madu dengan perbandingan yang sama. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu pada bibir selama 30 menit hingga satu jam. Setelah itu, bersihkan sisa masker yang menempel dengan air.

Minyak Almond

Jika Anda memerhatikan komposisi produk perawatan bibir, ada banyak produk yang memakai minyak almond sebagai bahan dasar. Hal itu disebabkan karena minyak almond mengandung vitamin E dan vitamin B12 yang mampu menjaga kelembaban bibir.

Cobalah untuk memakai beberapa tetes minyak almond pada bibir Anda. Selain memakainya secara langsung, Anda bisa mencampur minyak almond dengan gula sebagai eksfoliator. Gosokkan campuran itu pada bibir secara lembut supaya sel kulit mati terangkat.

Timun

Cara membuat bibir merah alami juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan timun, lo. Kandungan air yang ada dalam timun mampu menghidrasi bibir dengan baik. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga dapat menstimulus produksi kolagen sehingga sel baru lebih cepat menggantikan sel kulit mati.

Baca Juga: Madu bisa bikin bibir merah merona

Stroberi

Cara membuat bibir merah alami bisa Anda lakukan dengan stroberi.

Selain beberapa bahan di atas, Patch merekomendasikan stroberi sebagai cara membuat bibir merah alami. Sama seperti timun, jenis buah ini juga mengandung banyak vitamin C. Dengan memakainya secara rutin, bibir akan terlihat lebih cerah.

Caranya, tumbuk sebuah stroberi hingga halus. Tambahkan minyak zaitun atau madu supaya bahan tersebut berbentuk pasta. Setelah itu, gunakan masker pada bibir selama satu jam atau semalaman lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: Catat, inilah 5 penyebab bibir bengkak yang perlu Anda perhatikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru