kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,27   -11,24   -1.20%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan bibir hitam, bisa pakai bahan alami


Kamis, 22 Oktober 2020 / 10:46 WIB
4 Cara menghilangkan bibir hitam, bisa pakai bahan alami
ILUSTRASI. Cara menghilangkan bibir hitam bisa menggunakan bahan alami. REUTERS/Neil Hall


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bibir berawarna gelap merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Mulai dari kondisi kesehatan hingga kebiasaan sehari-hari. Cara menghilangkan bibir hitam dalam artikel ini patut Anda coba untuk mengatasi masalah itu.

Merokok dan terlalu banyak mengonsumsi kafein adalah beberapa kebiasaan yang menyebabkan bibir berwarna lebih gelap. Dua kebiasaan itu menyebabkan tubuh dehidrasi sehinga hiperpigmentasi tak bisa dihindari.

Selain itu, kondisi kesehatan, seperti anemia atau kekurangan vitamin dan penggunaan obat tertentu juga menyebabkan bibir seseorang menjadi gelap. Beberapa hal berikut ini wajib Anda coba untuk mencerahkan bibir Anda.

Pelembab Bibir

Bibir hitam bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Dengan memakai pelembab bibir, seperti lip balm, efek sinar matahari bisa dikurangi. Skinkraft (skinkraft.com) merekomendasikan agar Anda memakai lip balm yang mengandung SPF.

Baca Juga: Tak perlu resah berbibir hitam, bisa diatasi dengan bahan-bahan ini

Selain menjaga bibir dari paparan sinar matahari, lip balm juga mampu melembabkan bibir. Anda bisa menggunakan lip balm beberapa kali dalam sehari agar bibir nampak lebih cerah dan sehat.

Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bibir hitam juga bisa Anda lakukan dengan memakai minyak kelapa. Pijatkan minyak kelapa pada bibir agar sirkulasi darah lebih lancar. Dengan begitu, bibir akan nampak lebih cerah.

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggantinya dengan minyak almond. Lakukan pijatan dengan salah satu minyak tersebut sebanyak empat hingga lima kali. Dengan begitu, hasil yang Anda inginkan bisa terlihat lebih cepat.

Bersihkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk dan tidak dibersihkan bisa membuat bibir terlihat lebih hitam. Anda bisa mengatasinya dengan memakai bahan-bahan alami. Skinkraft menyarankan agar Anda memakai madu dan gula pasir untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Baca Juga: Madu bisa bikin bibir merah merona

Air Lemon

Cara menghilangkan bibir hitam bisa dengan lemon.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencerahkan warna bibir dengan memakai air lemon. Kandungan dalam lemon mampu mencegah pertumbuhan melanin yang menyebabkan kulit hitam. Tak hanya itu, sel kulit mati juga bisa dibersihkan dengan bahan alami ini.

Anda bisa mengaplikasikan air lemon pada bibir dan diamkan selama semalaman. Namun, pastikan bibir Anda tak kering atau pecah-pecah, ya. Jika Anda memaksakan diri untuk memakai bahan ini, dikhawatirkan zat asam lemon justru membuat bibir iritasi.

Selanjutnya: 5 cara memerahkan bibir secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×