Tips Sehat

5 cara memerahkan bibir secara alami

Rabu, 21 Oktober 2020 | 08:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 cara memerahkan bibir secara alami

ILUSTRASI. Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami sebagai cara memerahkan bibir.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang menyebabkan bibir gelap. Mulai dari paparan sinar matahari, dehidrasi, merokok, hingga terlalu banyak kafein. Selain menghindari faktor-faktor tersebut, cara memerahkan bibir juga bisa dilakukan dengan memakai bahan-bahan alami berikut ini.

Lemon

Mengutip dari Healthline (healthline.com), lemon atau buah asam lainnya bisa dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan melanin. Artinya, hiperpigmentasi bisa dihindari.

Sebelum tidur, gosokkan irisan lemon pada bibir agar air lemon menempol. Saat bangun di pagi hari, bilas menggunakan air dingin. Anda perlu melakukan kebiasaan tersebut selama 30 hari agar bibir menjadi lebih cerah.

Jeruk Nipis

Tak hanya lemon, cara memerahkan bibir juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan jeruk nipis. Caranya, campurkan 1.5 sdt air jeruk nipis dengan 1 sdt madu dan 1 sdt gliserin. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran pada bibir saat tidur. Saat bangun di pagi hari, bilas menggunakan air.

Baca Juga: 3 Cara mudah membuat masker bibir alami

Kunyit

Cara memerahkan bibir bisa dilakukan dengan menggabungkan kunyit dan susu.

Healthline mengatakan bahwa kunyit memiliki fungsi yang sama dengan lemon atau jeruk nipis, yaitu bisa mencegah pertumbuhan melanin. Caranya pun cukup mudah. Buatlah pasta yang terbuat dari bubuk kunyit dan susu.

Pertama, campurkan 1 sdm susu dengan bubuk kunyit secukupnya sampai berbentuk pasta. Sebelum mengaplikasikannya pada bibir, pastikan untuk membasahi telunjuk tangan terlebih dahulu. 

Selanjutnya, gosokkan pasta bubuk kunyit pada bibir. Diamkan dulu selama lima menit lalu bilas menggunakan air dingin. Setelah itu, gunakan pelembab bibir yang biasanya Anda gunakan.

Lidah Buaya

Cara memerahkan bibir juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan lidah buaya, lo. Kandungan dalam lidah buaya mampu mencegah pertumbuhan melanin sehingga bibir tak menjadi hitam. Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung atau membelinya dalam bentuk gel.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi kulit kering, jangan cuma pakai pelembab

Caranya, aplikasikan gel lidah buaya secukupnya pada bibir. Setelah kering, bilas menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan bahan alami ini setiap hari sampai hasil yang Anda inginkan terlihat.

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang mudah digunakan untuk mencerahkan bibir adalah minyak kelapa. Gunakan minyak kelapa di bibir beberapa kali dalam sehari. Anda juga bisa menggunakannya saat mau tidur supaya efeknya bekerja saat Anda beristirahat.

Selanjutnya: 5 Cara memerahkan bibir, bisa pakai bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru