kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah, Begini 5 Tips Diet Sehat yang Dapat Anda Coba


Rabu, 19 Januari 2022 / 11:30 WIB
Mudah, Begini 5 Tips Diet Sehat yang Dapat Anda Coba
ILUSTRASI. Mengonsumsi buah dan sayur termasuk tips diet sehat yang bisa Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mencoba banyak tips diet sehat, termasuk beberapa cara dalam artikel ini. Supaya hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya untuk mengonsultasikan langkah-langkah ini dengan ahli gizi, trainer, atau dokter.

Mengutip dari Mayden Support (maydensupport.com), Anda perlu minum air putih supaya diet bisa berjalan optimal. Setiap orang membutuhkan jumlah air putih yang berbeda-beda. Namun, Anda disarankan untuk minum minimal 2.5 L air per hari.

Selain minum air putih, tentu saja masih banyak tips diet lain yang perlu Anda coba. Selain berpengaruh pada berat badan, menerapkan tips-tips berikut juga mampu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Kurangi Asupan Karbohidrat

Tips diet sehat pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengurangi asupan karbo. Cobalah untuk mengonsumsi jumlah karbo yang Anda butuhkan di pagi hari atau saat sarapan. Ketika makan malam, usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung karbo.

Baca Juga: Minum Air Putih, Ini 5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur tidak boleh terlewat dari tips diet sehat yang perlu Anda coba. Jenis makanan itu mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Usahakan untuk mengonsumsi minimal satu porsi buah dan sayur setiap hari supaya sistem imun tubuh terjaga.

Perbanyak Asupan Protein

Berbeda dari poin sebelumnya, Anda justru perlu memperbanyak asupan protein. Ada banyak sumber protein yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari telur, seafood, keju, atau produk olahan susu yang lain.

Dengan mengonsumsi protein, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Artinya, risiko mengonsumsi makanan berkalori tinggi bisa Anda hindari. Selain itu, protein juga mampu membentuk massa otot sehingga berat badan ideal bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: 5 Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Wajib Anda Coba

Jauhi Kalori

Menjauhi minuman berkalori, seperti minuman bersoda, bisa jadi tips diet sehat.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, penting bagi Anda untuk menjauhi kalori. Salah satunya dalam bentuk minuman, seperti minuman bersoda, minuman dengan pemanis tambahan, dan lain-lain.

Tidur

Mayden Support merekomendasikan Anda untuk tidur selama enam hingga delapan jam per malam supaya diet bisa berjalan optimal. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh menjadi terjaga.

Meski demikian, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu kualitas tidur. Ada banyak cara yang bisa Anda coba supaya tidur Anda berkualitas. Misalnya, tidak makan mendekati jadwal tidur, mengatur suasana tempat tidur supaya nyaman, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×