Mudah banget! Ini tips untuk mengecilkan perut

Rabu, 28 Juli 2021 | 17:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah banget! Ini tips untuk mengecilkan perut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki ukuran perut yang besar? Jika iya, maka cara mengecilkan perut perlu segera Anda coba. tidak hanya memengaruhi penampilan, ukuran perut yang terlalu besar juga bisa memberikan pengaruh yang buruk untuk kesehatan.

Melansir Healthline (healthline.com), ukuran perut besar dapat berpengaruh pada risiko penyakit jantung dan diabetes. Supaya jumlah lemak di perut dapat berkurang, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda praktikkan.

Supaya hasilnya bisa maksimal, tak ada salahnya untuk mendiskusikan beberapa cara berikut ini dengan dokter. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Berkonsultasi dengan dokter akan memudahkan Anda menentukan cara diet sehat seperti apa yang sesuai dengan kondisi Anda.

Konsumsi Protein

Cara mengecilkan perut pertama yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan asupan protein. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan berprotein dapat menurunkan nafsu makan hingga 60%. Tidak berhenti sampai di situ, metabolisme tubuh juga bisa meningkat jika Anda mengonsumsi protein.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan sumber protein. Mulai dari telur, daging, produk olahan susu, dan lain sebagainya. suplemen protein tambahan juga bisa Anda konsumsi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: Olahraga ringan untuk mengecilkan perut buncit, cocok untuk yang mager

Konsumsi Serat

Selain mengonsumsi protein, Anda juga perlu mengonsumsi makanan berserat. Sebuah penelitian yang dilakukan selama lima tahun menunjukkan bahwa jumlah lemak perut dapat berkurang saat Anda mengonsumsi serat. Para partisipan mengonsumsi 10 g soluble fiber atau jenis serat yang larut dalam air.

Berbagai macam makanan yang kaya serat bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari sayur, buah, sereal, oatmeal, dan lain sebagainya. sama seperti protein, Anda juga bisa mengonsumsi serat dalam bentuk suplemen. Namun, tentu saja Anda perlu mendiskusikannya dulu dengan dokter.

Baca Juga: Inilah 4 cara menghilangkan lemak di perut, apa saja?

Hindari Minuman Manis

Menghindari minuman dengan pemanis buatan bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut.

Minuman yang diberi pemanis tambahan memang terasa lezat. Sayangnya, jenis minuman itu dapat menambah jumlah lemak di bagian perut. Alih-alih mengonsumsi minuman dengan pemanis buata, cobalah untuk mengonsumsi air putih, infused water, atau jenis minuman sehat yang lain.

Olahraga

Cara mengecilkan perut berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah olahraga. Healthline merekomendasikan weight training atau cardiovascular exercise supaya jumlah lemak dalam tubuh dapat berkurang. Olahraga aerobik juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selanjutnya: Inilah pilihan gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru