Minuman Pantangan Asam Urat & Obat Asam Urat Alami Yang Mudah Didapat

Senin, 21 November 2022 | 06:51 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Minuman Pantangan Asam Urat & Obat Asam Urat Alami Yang Mudah Didapat

ILUSTRASI. Minuman Pantangan Asam Urat & Obat Asam Urat Alami Yang Mudah Didapat. (Verywell/Alexandra Gordon)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak obat asam urat di apotik maupun dari bahan alami yang mudah diperoleh. Selain minum obat, penderita asam urat juga harus menjauhi sejumlah minuman pantangan.

Minuman pantangan asam urat adalah minuman yang mengandung bahan penyebab asam urat naik. Minuman pantangan asam urat yang biasanya dikenal adalah alkohol.

Kemungkinan, obat asam urat yang akan konsumsi akan menjadi percuma jika tetap minum-minuman pantangan tersebut. Penderita harus stop minum pantangan asam urat agar tidak kumat.

Selain alkohol, apa saja minuman pantangan asam urat?

Dilansir dari Kompas.com, berikut daftar minuman pantangan asam urat yang dilarang atau dibatasi untuk diminum:

1. Alkohol

Minuman pantangan penderita asam urat yang pertama adalah alkohol. Minuman beralkohol jenis apa pun, seperti wine, sake, soju, vodka, dapat memicu gejala asam urat, terutama pada orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko serangan asam urat. Pasalnya, konsumsi alkohol dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam darah yang dapat memicu serangan gout dalam satu atau dua hari.  

Baca Juga: 7 Gejala Asam Urat yang Sering Diabaikan, Padahal Bisa Berakibat Fatal

2. Soft drinks

Minuman pantangan penderita asam urat yang kedua adalah soft drinks. Beberapa penelitian membuktikan bahwa peningkatan risiko asam urat juga dipicu karena konsumsi soft drinks yang manis.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi satu porsi soft drinks per hari dapat menggandakan risiko asam urat pada wanita dibandingkan dengan yang hanya konsumsi 1 minuman per bulan. "Studi menunjukkan bahwa soft drinks dengan rasa manis dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat," kata Jennifer Sloane, rheumatologist di Temple University Hospital Philadelphia kepada Everyday Health.

"Menariknya, studi ini menunjukkan bahwa asupan soda diet tidak terkait dengan peningkatan frekuensi serangan asam urat," imbuhnya.

3. Bir

Minuman pantangan penderita asam urat yang ketiga adalah bir. Bir mengandung sejumlah besar purin dan menjadi minuman yang paling sering memicu asam urat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 340 ml bir setiap hari memiliki peningkatan risiko 1,5 kali lebih banyak, dibanding mereka yang tidak minum bir. Bir yang tidak mengandung alkohol bahkan tetap dapat meningkatkan risiko serangan asam urat karena terbuat dari ragi.

4. Jus jeruk

Minuman pantangan penderita asam urat yang keempat adalah jus jeruk. Beragam jus kemasan yang mengandung gula atau pemanis buatan diketahui dapat meningkatkan risiko asam urat. Namun, jus tanpa pemanis buatan, seperti jus jeruk ternyata juga dapat memicu gout.

Beberapa penelitian menunjukkan, fruktosa tinggi dalam jus buah seperti jeruk, dapat dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi. Fruktosa adalah gula yang ditambahkan ke dalam minuman bersoda, tetapi gula ini muncul secara alami dari buah jeruk. Karena itu, konsumsi berlebih jus jeruk sama berisikonya dengan meminum minuman bersoda dengan pemanis.

5. Kafein

Minuman pantangan penderita asam urat yang kelima adalah minuman mengandung kafein. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat melindungi Anda dari asam urat karena kafein memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat. Kendati demikian, penelitian lain menunjukkan bahwa asupan kafein berlebih ternyata dapat memicu nyeri asam urat.

Orang yang tiba-tiba menambahkan porsi kafein pada dietnya berisiko 80 persen lebih tinggi mengalami asam urat. Melihat adanya hasil penelitian yang berbeda, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi minuman berkafein. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terkait porsi kafein harian Anda.

6. Minuman energi

Minuman pantangan penderita asam urat yang keenam adalah minuman berenergi. Minuman energi dapat mengandung kafein dan tinggi gula atau pemanis buatan. Karena itu, kebiasaan konsumsi minuman energi juga meningkatkan risiko asam urat, bahkan hingga dua kali lipat.

Obat asam urat dari bahan alami

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, selain menjauhi minuman pantangan di atas, penderita asam urat juga perlu konsumsi obat asam urat arami. Obat asam urat alami perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan. Jika tidak, asam urat yang menumpuk dapat menyebabkan inflamasi. Biasanya, rasa sakit karena kondisi itu lebih sering Anda alami di bagian persendia.

Pembengkakan akibat asam urat tinggi terjadi di lutut, ibu jari kaki, siku, dan pergelangan kaki. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa inflamasi juga terjadi di bagian tubuh lain, seperti pergelangan tangan.

Untuk memilih obat asam urat yang tepat, Anda perlu memilih makanan dan minuman yang mengandung sedikit purin. Dengan begitu, produksi asam urat berkurang sehingga inflamasi atau peradangan pun mereda.

Kopi dan Teh

Obat asam urat dari bahan alami yang pertama adalah kopi dan teh. Mengutip dari Healthxchange.sg, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi kopi dan teh. Meski demikian, usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi dan teh. Kandungan kafein dalam jenis minuman itu bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Telur

Telur jadi obat asam urat alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, telur mengandung sedikit purin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Dengan begitu, tak muncul masalah kesehatan lain.

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu juga termasuk dalam obat asam urat alami. Namun, pastikan untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, ya. Susu rendah lemak atau plain yogurt bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain yang baik untuk asam urat.

Buah kaya vitamin C

Obat asam urat dari bahan alami yang ketiga adalah buah kaya vitamin C.  Salah satu cara menurunkan asam urat adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang ada di sekitar Anda. Mulai dari jeruk, buah nanas, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Teh daun buah-buahan ini ampuh mengobati asam urat

Sayur

Selain buah-buahan, sayur pun termasuk obat asam urat alami. Ada beberapa jenis sayur yang direkomendasikan oleh Healthxchange.sg yang bisa Anda jadikan opsi. Mulai dari kubis, paprika merah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua jenis sayur baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis sayur yang justru mengandung banyak purin sehingga perlu Anda hindari. Jenis sayuran yang dimaksud adalah bayam, jamur, kembang kol, asparagus, dan lain-lain.

Itulah minuman pantangan penderita asam urat dan daftar obat alami yang bisa rutin dikonsumsi. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru