kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 1,05%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum Kombucha Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2?


Selasa, 10 Oktober 2023 / 14:41 WIB
Minum Kombucha Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2?
ILUSTRASI. Kombucha terbukti menurunkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

DIABETES TIPE 2 - Kombucha yang diminum selama empat minggu secara rutin terbukti bisa membantu menurunkan kadar gula darah puasa penderita diabetes tipe 2. 

Kombucha, minuman berfermentasi yang disebut-sebut sehat dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Berapa Kadar Normal Trigliserida? Bisa Diketahui dari Tes Darah Sederhana

Kombucha yang dikonsumsi orang sehat akan memberikan manfaat membantu menurunkan badan, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan gula darah. 

Namun, apakah kombucha baik dan memberikan manfaat baik jika dikonsumsi penderita diabetes? 

Mengutip dari Eating Well, belum banyak penelitian yang melakukan studi terkait dampak kombucha pada penderita diabetes. 

Meskipun belum banyak, sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Fakultas Kesehatan Universitas Georgetown, Universitas Lincoln, dan MedStar Health menunjukkan bahwa konsumsi kombucha bisa menurunkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2. 

Penelitian 

Dalam penelitian untuk mengetahui dampak kombucha terhadap penderita diabetes tipe 2, tim ilmuwan melibatkan 12 orang penderita diabetes tipe 2. 

Kelompok pertama diminta untuk minum sekitar 8 ons Brindle Boxer Kombucha selama empat minggu pertama. Sementara kelompok lainnya diminta untuk mengonsumsi minuman plasebo dalam jumlah sama yang rasanya seperti teh fermentasi. 

Setelah empat minggu, kedua kelompok berhenti mengonsumsi kombucha dan minuman plasebo selama dua bulan untuk menghilangkan dampak dari putaran pertama. 

Setelah itu, mereka bertukar minuman untuk empat minggu berikutnya. 

Selama proses tersebut, para ilmuwan memantau gula darah setiap orang dan membandingkan respon tubuh terhadap kedua minuman tersebut. 

Hasilnya, kombucha menurunkan rata-rata gula darah puasa setelah empat minggu dari 164 menjadi 116 miligram per desiliter. Sedangkan, plasebo tidak menghasilkan perubahan yang nyata. 

Sebagai referensi, American Diabetes Association merekomendasikan gula darah sehat sebelum makan sekitar 80 sampai 130 miligram per desiliter. 

Masih terlalu dini untuk mengetahui mengapa hal tersebut terjadi, meskipun para peneliti percaya hal ini mungkin terkait dengan kualitas probiotik kombucha. 

Asal tahu saja, hasil meta analisis tahun 2012 dalam jurna; Advances in Nutrition menunjukkan bahwa probiotik bisa membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan kadar gula darahnya.

Baca Juga: Cara Meracik Air Barley untuk Mengontrol Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×